Nakhoda dan Kru Kapal di Pelabuhan Tunon Taka Jalani Tes Urine

benuanta.co.id, NUNUKAN – Badan Narkotika Nasional BNN (BNN) Kabupaten Nunukan melakukan tes urine kepada nakhoda dan kru kapal di lingkungan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan pada Rabu (27/12/2023). Tes urine ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala BNN Kabupaten Nunukan melalui Kasubbag Umum Bapak Martha Irawan mengatakan, pihaknya bekerjasama sejumlah stakeholder terkait yakni pihak Bea dan Cukai Nunukan, Polres Nunukan, Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tunon Taka (KSKP) dan PT. Pelni.

Baca Juga :  Musim Kemarau di Nunukan akan Berlangsung hingga Maret

“Kegiatan ini kita mulai pukul 12.00 Wita, dengan diawali pelaksanaan apel gabungan di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan,” kata Irawan kepada benuanta.co.id, Kamis (28/12/2023).

Irawan mengatakan, tes urine yang dilakukan ini dengan menyasar para nakhoda beserta Kru kapal dari enam kapal dengan rute internasional Nunukan – Tawau Malaysia.

Adpuan enam kapal ini yakni, MV. Labuan Express Lima, KM. Malindo, KM. Nunukan Express dan KM. Kaltara Express.

Baca Juga :  Diduga Bakar Sampah, Api Meluas Lahap Lahan 5,8 Hektare di Jalan Pembangunan

“Selain rute Internasional, nakoda Kapal dengan rute domestik yakni KM. Thalia dan KM. Lambelu juga kita lakukan tes urine,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap total 141 sampel urine, seluruh sampel dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter. Lanjut Irawan, dari hasil pengujian, 141 sampel dinyatakan negatif narkoba.

“Hasilnya semua Negatif, artinya tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba terhadap nakhoda dan Kru Kapal,” jelasnya

Meski kegiatan ini dilakukan ditengah aktivitas bongkar muat barang dan penumpang tengah berlangsung, namun ia menegaskan jika pihaknya tetap mengedepankan aspek humanis dalam pengambilan sampel serta mendahulukan kepentingan penumpang.

Baca Juga :  Pilpres dan Pileg 2024 Usai, Laura Ajak Masyarakat Kembali Jalankan Rutinitas Membangun Nunukan 

“Tentunya tujuan tes urine hari ini adalah deteksi dini guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan Nahkoda dan Kru Kapal. Karena yang paling dikhawatirkan, selain menimbulkan dampak berbahaya bagi diri sendiri, penyalahgunaan narkoba juga berbahaya bagi keselamatan Penumpang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *