Bawaslu Malinau Tegaskan Perkara HB dan Oknum ASN Tahap Telusur

benuanta.co.id, MALINAU – Tindak lanjut laporan masyarakat, terkait adanya dugaan keterlibatan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Malinau dalam politik langsung pada kegiatan salah satu Caleg DPD RI, HB, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Malinau telah memasuki tahap telusur.

Saat dikonfirmasi Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data & Informasi Ryan Virgiawan mengatakan, saat ini dalam proses pengumpulan data, bukti dan laporan terhadap kejadian pose lima jari yang sangat indentik dengan nomor urut HB.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2010 votes

Ryan menjelaskan tindak telusur sangat berbeda dengan tindak pemeriksaan. Pasalnya baik HB sendiri dan para oknum ASN itu, belum dikatakan sebagai temuan pelanggaran Pemilu.

Baca Juga :  7 Calon Bupati dan Wakil Bupati Nunukan Mandaftar di Penjaringan PKS

“Kalau Pemeriksaan artinya kita sudah setengah jalan menetapkan mereka bersalah, sedangkan kita belum setengah jalan mengarah kesana. Tapi di sini juga kita mengikuti proses dan prosedurnya Bawaslu dengan aturan Bawaslu,” ujar Ryan, Kamis (28/12).

“Apalagi pada kejadian ini pose lima jari juga sangat indentik dengan salam khas dari Pemerintah Malinau, yakni ‘Salam Harmonis’. Makanya saat ini tindak telusur masih kita lakukan,” jelasnya.

Baca Juga :  DPC PDIP Berau Akui 5 Parpol Ajak Diskusi Pilkada

Meski demikian, Ryan juga menegaskan kalau keterlibatan ASN dalam politik langsung bisa saja terjadi. Mengingat dalam PKPU sendiri, dan peraturan ASN. ASN sangatlah dilarang mengikuti kegiatan kampanye.

“Itu juga masih dalam tindak telusur kita, karena dari sudut pandang Bawaslu kita harus melihat secara objektif dan dari segala aspek. Karena, disini merupakan musim kampanye. Namun disisi lain kegiatan Pemerintah juga masih berjalan,” terangnya.

Meski masih dalam tindak telusur, namun Ryan mengakui sudah menghubungi semua pihak sebagai upaya dalam mengumpulkan bukti, seperti berkomunikasi dengan pihak Caleg HB dan ASN yang terlibat dan semua orang yang ada dalam kegiatan penyerahan beasiswa tersebut.

Baca Juga :  Perindo Berau Pilih Berkoalisi dengan Incumbent di Pilkada 2024

“Komunikasi sudah kita lakukan, namun bukan kita periksa. Karena jika tahapnya sudah temuan tentu pertanyaan dan arahnya sudah berbeda. Tapi karena masih tindak telusur, jadi poin pertanyaannya juga berbeda,” pungkasnya.

Awak media benuanta.co.id mengkonfirmasi pihak HB terkait persoalan ini tetapi tidak direspons.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *