Wujudkan Visi dan Misi Gubernur, DPKP Kaltara Bantu Sejahterakan Petani 

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengunjungi dan akan memberikan bantuan kepada salah satu kelompok tani buah di Kota Tarakan pada Rabu, 6 Desember 2023.

Kelompok tani yang dikunjungi merupakan Kelompok Tani Jiwa Baru yang berlokasi di Jalan Aki balak kelurahan Karang Harapan, Kota Tarakan. Perkebunan tersebut dikunjungi langsung oleh Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiyono. Tak hanya mengunjungi namun, ia juga mempertanyakan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh kelompok tani untuk berkebun.

“Disini adalah salah satu sentra buah yang sudah berkembang. Ada buah semangka dan melon,” ujarnya

Ia juga menyampaikan kendala yang disampaikan oleh kelompok tani tersebut dimana salah satunya yaitu bagaimana memasarkan buah. Dikatakan Heri Rudiyono, ia mencoba memberikan bantuan dengan kebutuhan kelompok tani yaitu berupa ilmu teknologi dan peralatan.

Ia bekerja sama dengan DPKP Tarakan ingin mendorong petani yang ada di Tarakan agar sukses agar memberikan masa depan untuk para petani sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah Kaltara, Gubernur Drs. Zainal Arifin Paliwang.

“Visi misinya pak Gubernur dalam rangka untuk mensejahterakan petani kita. Kita capai bertahap, banyak petani kita yang menjadi sentral yang kekurangan kami dorong supaya cepat jadi,” ungkapnya.

Terpisa, Ketua Kelompok Tani Jiwa Baru, Supeno mengatakan dalam kelompok tani tersebut terdapat 35 orang. Kelompok tani ini sudah berjalan selama 5 tahun dan pada tahun ini ia bersyukur jika pemerintah memberikan dukungan melalui bantuan yang nantinya akan ia terima.

“Alhamdulillah, beribu-ribu terima kasih kepada bapak Gubernur melalui DPKP Kaltara atas bantuannya,” sebutnya.

Adapun bantuan yang ia usulkan kepada pihak DPKP yaitu berupa alat untuk berkebun untuk sarana prasarana pengunjung yang datang langsung ke kebunnya membeli buah-buahan yang langsung dipetik di ladang.

“Tenda untuk pembeli, timbangan digital, keranjang, drum untuk cuci buah dan gerobak (yang akan di berikan oleh DPKP,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *