DPRD Kaltara Apresiasi Penurunan Jumlah Pengangguran

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Muhammad Saleh Pangeran Khar mengapresiasi kepada pemerintah daerah atas capaian penurunan tingkat pengangguran terbuka di Kaltara.

Pengangguran di Kaltara mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir, baik dari sisi persentase maupun jumlah absolut. Sebelumnya, potret pengangguran di Agustus 2022 sebesar 4,97 persen atau sebanyak 17,3 ribu orang. Angka ini menurun jadi 4,58 persen atau sebanyak 16,2 ribu orang pada tahun 2021, kemudian menurun kembali pada tahun 2022 sebesar 4,33 persen atau sebanyak 16 ribu orang. Terakhir pada Agustus 2023 persentase pengangguran sebesar 4,01 persen atau 15,6 ribu orang.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Sampaikan Penjelasan Tiga Ranperda Inisiatifnya

Potret pengangguran di Kaltara sendiri masih di bawah angka nasional sebesar 5,32 persen. “Alhamdulillah jika pengangguran di Kaltara berhasil berkurang dari tahun ke tahun, ini capaian yang bagus bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya, Selasa (28/11/2023).

Saleh berharap pemerintah bisa terus bersinergi dalam menyusun program penurunan angka pengangguran secara berkala. Hadirnya investasi juga diharap bisa mendukung tingkat serapan tenaga kerja daerah.“ Mudah mudahan dengan banyaknya perusahaan yang masuk saat ini bisa menampung para tenaga kerja lokal,” katanya

Baca Juga :  Ketua DPRD Kaltara Berharap Bisa Segera Berkantor di Gedung Baru

Saleh turut meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa menjembatani antara calon tenaga kerja dengan perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaan.

“Disnakertrans perlu aktif berkomunikasi ke perusahaan soal kebutuhan tenaga kerja mereka, ini yang kemudian disebarluaskan, harapannya tenaga kerja lokal kita bisa sesuai dengan kebutuhan mereka,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Baca Juga :  DPRD Kaltara Sampaikan Penjelasan Tiga Ranperda Inisiatifnya

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *