Polres Tarakan Siagakan Personel di Gudang Logistik Pemilu 2024

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebagai penanggungjawab tertinggi dari kondusifnya Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Tarakan, Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona melakukan peninjauan di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan.

Sejauh pengecekan yang dilaksanakan, Kapolres mengatakan sudah cukup baik. Terlebih gudang yang di pilih ialah Mall Pelayanan Publik (MPP) sudah melalui berbagai pertimbangan keamanan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Pihaknya juga sudah memetakan untuk lapisan penjagaan di gudang logistik KPU.

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

“Jadi aman. Karena pengamanannya ada tingkatan atau paket pengaman. Ada pintu-pintu nya lah,” kata Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona, Kamis (23/11/2023).

Dilanjutkannya, keseluruhan logistik seperti surat suara, kotak suara, tinta, hingga bilik suara dipastikan dapat terjamin keamanannya sampai hari H pelaksanaan Pemilu. Pihaknya pun juga telah menurunkan surat perintah (sprin) untuk personel yang dikhususkan berjaga di lokasi.

“Memang ada MoUnya KPU dan Polri. Misalnya dari Jakarta sampai ke pelabuhan kita dan pergeseran dari satu tempat ke tempat lainnya itu kita kawal,” lanjutnya.

Setiap harinya, sudah terdapat skema piket penjagaan personel Polres Tarakan untuk melakukan penjagaan di gudang logistik KPU Tarakan. Tak hanya menyiagakan personel di lokasi, Polres Tarakan turut menyiagakan pos pengamanan pemilu yang bertempat di polsek-polsek yang ada di Kota Tarakan. Pun juga di kantor KPU dan Bawaslu Tarakan.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Kepolisian Tak Temukan Calo Tiket Pelni

“Setiap harinya ada 2 orang yang ditugaskan. Shift tapi per 12 jam di ganti. Jadi rangkaian di semua tahapan sudah ada anggota yang disiagakan. Tidak hanya menjaga ada kegiatan lainnya. Sudah di sprin untuk Operasi Mantap Brata ini,” bebernya.

Perwira melati dua itu mengungkapkan, personel yang memiliki sprin juga telah dibekali dengan kemampuan khusus. Contohnya seperti simulasi kerawanan pemilu yang dapat mengancam gudang logistik KPU Tarakan.

Baca Juga :  Atasi Masalah Lingkungan, Pj Wali Kota Tarakan Upayakan Penanganan Sampah 

Dalam pengerahan personel di setiap tahapan juga berbeda. Ronaldo menegaskan, pengerahan personel akan semakin dikuatkan saat pelaksanaan Pemilu Februari 2024 mendatang.

“Akan lebih banyak lagi setelah tanggal 28 November ini. Karena kan sudah masuk tahapan kampanye juga kan,” sebutnya.

Adapun jumlah personel Polres Tarakan yang terlibat dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024 sebanyak 335 personel.

“Itu yang tergelar di hari H Pemilu. Kalau saat ini ada 100 personel yang dikeluarkan sprintnya. Untuk siaga, patroli, deteksi juga,” tutupnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *