Lomba Inovasi Daerah untuk Mendorong Semangat Berinovasi

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Lomba Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) 2023 memasuki tahap paparan. Sebanyak 26 finalis ikut dalam seleksi dan wawancara.

Pelaksanaan tugas harian (Plh) Litbang Arif Arianto, mengatakan maksud dan kegiatan lomba inovasi daerah tentu untuk mendorong semangat berinovasi masyakarat Kaltara guna meningkatkan daya saing daerah yang bertujuan. Memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para inovator di Kaltara, menjaring inovasi yang berpotensi untuk diuji coba untuk dilaksanakan, menambah kembang semangat berinovasi di kabupaten kota se-Kaltara, serta menjaring inovasi daerah yang akan diikutsertakan dalam lomba inovasi daerah yang dilaksanakan oleh kementrian atau pemerintah pusat.

Baca Juga :  Gaet Perusahaan dalam Penanganan Stunting

“Dalam lomba inovasi ini ada lima kategori yang diperlombakan yang sudah dibuka pendaftaran sejak September lalu dan juga sempat diperpanjang pendaftarannya,” ucapnya, Kamis (19/10/2023).

Dari lima katagori yang diperlomba tentu ada tim juri yang menilai, seperti katagori ide atau inisiatif inovasi daerah yang akan diterapkan provinsi yang menilai adalah anggota tim gubernur untuk percepatan pembangunan provinsi Kaltara, bidang hubungan kerjasama dalam dan luar negeri, peneliti ahli muda  badan riset dan inovasi, badan riset inovasi nasional serta wakil rektor universitas Kaltara.

Katagori perangkat daerah, tim penilaian ialah kepala pusat Litbang inovasi daerah, badan strategis kebijakan dalam negeri, kementerian dalam negeri RI, kepala pusat riset pemerintah dalam negeri badan siret dan inovasi nasional, serta kepala biro administrasi pembangunan setda Kaltara.

Baca Juga :  Angka Stunting Bulungan Paling Tinggi Se-Kaltara

Inovasi layanan publik tim jurinya ialah staf ahli bidang aparatur pelayanan publik dan kemasyarakatan Setda Kaltara, anggota tim gubernur untuk percepatan pembangunan provinsi Kaltara. Inovasi tata kelola pemerintahan tim jurinya adalah inspektur daerah Kaltara, kepala biro pemerintahan dan otonomi daerah setda Kaltara, anggota tim gubernur untuk percepatan pembangunan provinsi Kaltara bidang infrastruktur dan kedaulatan energi.

Sedangkan untuk Inovasi Produk UMKM unggulan kaltara, akan dinilai oleh. Kepala kantor perwakilan bank Indonesia (BI) kaltara, kepala divisi inkubator bisnis kawasan sains dan teknologi universitas Borneo serta kepala bidang koprasi dan UKM pada dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM Kaltara.

Baca Juga :  Angka Stunting Bulungan Paling Tinggi Se-Kaltara

“Semua katagori lomba sudah ada tim penilaian masing-masing,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2947 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *