Pelestarian Cagar Budaya Diharapkan Lebih Terawat lewat Ranperda

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR –  Panitia khusus (Pansus) pengajuan Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya kembali melakukan pembahasan penyusunan.

Rapat yang dipimpin Ketua Pansus Ainun Farida, diikuti dengan anggota pansus lainnya, serta dihadiri oleh mitra OPD terkait, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Tarakan.

Dalam pertemuan ini kata Ainun, pembahasan pasal per pasal dari setiap isi Ranperda. Salah satu poin penting yang ditekankan adalah pembahasan tentang pengelolaan, perawatan dan pemanfaatan benda cagar budaya baik yang ada di dalam museum maupun yang berada di luar museum.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kaltara Dorong Peningkatan Layanan RSUD JSK Tarakan

“Diharapkan dengan disusunnya Ranperda Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya ini seluruh cagar budaya yang ada di Kaltara dapat lebih terawat, dilindungi dan memiliki payung hukum yang jelas,” ucapnya, Senin (25/9/2023)

“Dengan melestarikan cagar budaya kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing, dan menjaga agar budaya kita tidak diakui oleh negara lain,” tambahnya.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kaltara Pantau Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. H. Jusuf SK

Dengan melestarikan cagar budaya khususnya dan kebudayaan lokal pada umumnya juga dapat membangun rasa nasionalisme yaitu rasa saling menjaga dan rasa saling menghargai. Sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap kokoh walaupun dipisahkan oleh banyak pulau.

Adapun hal-hal positif yang bisa ambil dari pelestarian budaya adalah terciptanya kesatuan dan persatuan yang disebabkan oleh budaya. Meningkatkan pariwisata supaya menjadi aset bangsa di masa yang akan datang, adanya kesadaran masyarakat akan pengaruh globalisasi sehingga mampu menyaring budaya luar yang masuk dan menjaga budaya agar tidak diakui oleh negara lain. (*)

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kaltara Pantau Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. H. Jusuf SK

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *