BPBD Tarakan Mencatat 8 Titik Tanah Longsor, Semuanya di Pinggir Bukit

benuanta.co.id, TARAKAN – Hujan lebat yang terjadi dini hari akibatkan tanah longsor di sejumlah titik di Kota Tarakan pada Senin, 11 September 2023.

Menurut survei yang dilakukan Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan, terdapat 8 titik yang mengalami tanah longsor seperti di Karang Anyar Pantai, Pamusian, Karang Anyar dan beberapa titik lainnya yang berimbas pada kerusakan rumah dan juga infrastruktur.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Berikan Bonus pada Pemenang MTQ Tingkat Provinsi

“Sedang dilakukan proses assessment di lapangan, di mana letak yang harus kita lakukan penanganan,” ujar Kepala BPBD Tarakan, Yonsep, Senin (11/9/2023).

Adapun assessment yang dilakukan oleh BPBD bertujuan untuk mengetahui skala prioritas utama untuk perbaikan infrastruktur dan bangunan yang rusak.

Saat ini pihaknya sedang memperbaiki infrastruktur jalan yang tertutup dengan melakukan penyemprotan bahu jalan yang akan digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Pia eks Utopia Bakal Hibur Warga Tarakan di Taman Berkampung 

“Untuk penanganan yang lainnya seperti rumah nanti akan bantu oleh masyarakat bersama dengan pihak Kelurahan dan kecamatan,” jelasnya.

Terdapat 3 rumah yang mengalami kerusakan akibat longsor dan tidak memakan korban jiwa. Kerusakan yang terjadi pun tergolong kerusakan sedang karena jebol oleh material.

“Dari laporan yang masuk ke kita itu masuknya jam 5 tetapi banyak (laporan) pada jam 6 setelah hujan,” imbuhnya.

Baca Juga :  SMA Negeri 5 Tarakan Dibuka Tahun Ini

“Memang longsor kali ini tidak luas namun banyak titiknya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2043 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *