Polresta Bulungan Lakukan Pemetaan Wilayah Rawan hingga Kebutuhan Personel Jelang Pemilu

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Persiapan menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat selama proses pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024, Polresta Kabupaten Bulungan akan menyiapkan personel dalam melakukan pengamanan.

Dijelaskan oleh Kapolresta Bulungan, Kombes Agus Nugraha, dalam prosesnya setiap desa dan Tempat Pemungutan Suara (TPS), tentunya harus memiliki personel yang menjaga keamanan. Sehingga, nantinya setiap personel yang mendapat tugas penjagaan harus merupakan personel yang terlatih dan sigap.

“Untuk kebutuhan jumlah personel jaga tentunya harus menyesuaikan dengan tingkat kerawanan, sehingga dalam prosesnya setiap TPS bisa saja dijaga oleh satu personel atau lebih dari dua personel, semuanya tergantung kondisi di Lapangan,” kata Kapolresta yang akrab disapa Agus pada Senin, 4 September 2023.

Ia menyebutkan tingkat kerawanan setiap wilayah dan TPS di Bulungan akan memiliki tingkatan yang berbeda-beda, semuanya tergantung pada kondisi Pemilu, jumlah penduduk dan faktor lainnya.

“Kita mempunyai penilaian sendiri dan kita juga tidak bisa sebutkan lokasi dari titik-titik yang kita anggap rawan itu. Hanya saja setiap titik yang kita anggap rawan pasti akan kita berikan personel jaga yang lebih dari titik yang kita akan tidak terlalu rawan,” imbuhnya.

Dalam penyesuaian personel dengan kondisi di Lapangan dalam menjalankan tugas penjagaan, nantinya Polresta Bulungan akan memberikan pelatihan kepada setiap personel khusus dalam pengamanan Pemilu. Termasuk melatih personel dalam melakukan tugas sinergitas dengan aparat jaga dari institusi lain.

“Dalam waktu dekat akan mulai kita siapkan dengan memberikan mereka pengalaman lebih saat menjalankan tugas pengamanan secara berkelompok,” lanjutnya lagi.

“Intinya Polresta Bulungan akan selalu siap mengamankan jalannya Pemilu Serentak tahun 2024,mulai dari pelaksanaan hingga hari pencoblosan kita akan selalu siap,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *