2.580 Jumlah Tenaga Keperawatan di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Utara (Kaltara) jumlah tenaga keperawatan yang tersebar di lima kabupaten kota berjumlah 2.580 perawat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinkes Kaltara Usman, dari lima kabupaten kota yang ada, Tarakan paling banyak tenaga perawatan yakni mencapai 847 tenaga perawat yang tersebar di beberapa rumah sakit Tarakan. Dari jumlah tersebut kata dia berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN.

Baca Juga :  Imunisasi Polio Program Rutin Dinkes Kaltara  

“Dari jumlah 2580 perawatan yang ada di Kaltara, jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk melakukan pelayanan kesehatan apalagi di daerah perbatasan,” ucapnya, Selasa (29/8/2023).

Selain kota Tarakan, Kabupaten Malinau menjadi juga memiliki jumlah perawatan sebanyak 499 tenaga kesehatan, kabupaten Nunukan sebanyak 489 tenaga kesehatan, Kabupaten Bulungan 559 tenaga kesehatan dan KTT sebanyak 177 tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Pentingnya Jaga Kesehatan Jiwa

Dalam sistem pelayanan kesehatan di semua negara termasuk Kaltara kata Usman, perawat memiliki peranan penting dalam penanganan pasien. Perawat harus menjaga, mengawasi serta memantau kesehatan pasien selama 24 jam penuh. Itu sebabnya kebutuhan tenaga keperawatan jauh lebih besar ketimbang tenaga dokter.

“Begitu pentingnya peran perawat dalam dunia kesehatan, sehingga di negara-negara maju, profesi perawat dianggap sama pentingnya dengan dokter,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga :  Imunisasi Polio Program Rutin Dinkes Kaltara  

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2043 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *