Beberapa Calon Anggota Bawaslu Diduga Masih Terafiliasi dengan Parpol

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Beberapa calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengikuti test seleksi penerimaan anggota BawasluKabupaten/Kota, beberapa waktu diduga masih terafiliasi dengan Partai Politik (Parpol).

Dari data yang didapatkan oleh tim benuanta.co.id, beberapa calon anggota Bawaslu yang disebutkan berasal dari dua calon anggota Bawaslu Kabupaten Nunukan dan satu calon anggota Bawaslu Kabupaten Malinau.

Terkait hal ini, Ketua Tim Panitia Seleksi (Timsel) anggota Bawaslu, Nur Asikin Thalib Suryanata mengatakan, selama melakukan penyeleksian pihaknya sudah melakukan pengecekan data dari para calon anggota Bawaslu dan tidak menemukan adanya data dari salah satu calon yang menjadi anggota Parpol.

Baca Juga :  Debat Paslon Bupati Kembali Dimatangkan KPU

“Yang jelas kami sebagai Timsel pada saat pendaftaran dan penelitian itu, kami sudah cek melalui KPU, maupun mandiri Disilon dan Disipol dan yang bersangkutan tidak ada namanya,” kata wanita yang akrab disapa Asikin, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Tambahnya lagi, saat membuka tahapan untuk mendengarkan pendapat dan masukan dari masyarakat pihaknya juga tidak mendapatkan adanya keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terkait dugaan-dugaan yang dilaporkan saat ini.

Baca Juga :  Sri Mulyani Pastikan dia Ditugaskan Kembali Jabat Menkeu oleh Prabowo

“Sampai hasil wawancara dan tes kesehatan diumumkan tidak ada tanggapan maupun masukan dari pihak manapun. Sehingga seleksi pun tetap kita lanjutkan,” tambahnya.

Terkait adanya laporan dari masyarakat terkait dugaan adanya calon anggota Bawaslu yang terdaftar sebagai salah satu anggota Parpol, Asikin pun mempersilahkan pihak manapun untuk melaporkannya ke Bawaslu RI, sebagai pihak yang berhak atas laporan itu.

“Silakan saja membuat masukan atau laporan langsung ke Bawaslu RI kerena untuk masa kerja Timsel hanya sampai 31 Juli kemarin,” pungkasnya.

Baca Juga :  Prabowo Minta Airlangga Jaga Situasi Perekonomian Bangsa

Diketahui, aduan masyarakat terkait adanya calon anggota Bawaslu terafiliasi parpol ini masuk saat calon sudah mengerucut menjadi 6 besar untuk wilayah Nunukan, sementara di Malinau 10 besar. Aduan tersebut diterima Bawaslu Provinsi dan telah dilakukan klarifikasi.(*)

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *