Tarakan Car Free Day akan Kembali Digelar, Ini Lokasinya

benuanta.co.id, TARAKAN – Lama tak terdengar kegiatan Tarakan Car Free Day (CFD). Kegiatan ini akan kembali digelar di Bumi Paguntaka. Guna meramaikan kegiatan tersebut pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Tarakan, Agustina Momongan menjelaskan, pihaknya akan mengadakan Tarakan CFD pada 27 Agustus 2023 Mendatang.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan satu bulan dua kali yang dilaksanakan mulai SDN Utama 2 hingga Stadion Datu Adil, mulai pukul 06.00 WITA hingga Pukul 10.00 WITA,” ucapnya.

Baca Juga :  Disdik Tarakan Lakukan Pendataan Siaplah untuk anak Putus Sekolah

Disbudporapar akan menyediakan 52 rombong untuk UMKM dan menyediakan layout ukuran 3×3 meter untuk masyarakat yang ingin melakukan kegiatan usaha.

“Kami hanya sediakan tempat, untuk tenda, meja, dan kursi bisa dipersiapkan secara mandiri,” terangnya, Jumat (4/8/2023).

Agustina mengatakan, selain disediakan di Stadion Datu Adil, Disbudporapar juga menyediakan tempat untuk berjualan di tepi jalan. Lokasinya ada di depan kantor Imigrasi Tarakan.

“Masyarakat yang berjualan diharapkan menjual produk atau dagangan yang beragam,” ungkap Agustina.

Agustina juga mengajak seluruh UMKM binaan perusahaan swasta maupun perusahaan negara untuk dapat meramaikan CFD mendatang.

Baca Juga :  TIPD Kota Tarakan Bakal Lakukan Monev ke Pasar Pasca Iduladha 1445 H

Dalam kegiatan CFD nanti, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat terlibat dalam melakukan promosi produk maupun sosialisasi tentang kebijakan.

Terkait kantong parkir, ada dua titik yang telah dipersiapkan diantaranya SDN Utama 2 dan Don Bosco. Soal tanggal pelaksanaan CFD bulan depan, pihaknya akan kembali melakukan rapat pembahasan.

Selain stand untuk UMKM, Disbudporapar juga menyediakan panggung untuk hiburan masyarakat. Selain itu, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) maupun Olahraga masyarakat akan menjadi pendukung acara.

Baca Juga :  Masjid Baitul Izzah Dipadati Jemaah Salat Iduladha 1445 H

Agustina berharap agar seluruh lapisan masyarakat Kota Tarakan dapat mengikuti dan meramaikan CFD nantinya. Bahkan seluruh OPD di wajibkan untuk menghadiri kegiatan tersebut.

“Dengan CFD, setidaknya dapat mengurangi emisi dari kendaraan. Yang bersepeda hanya Satpol PP guna memantau kegiatan,” tutupnya.(*)

Reporter: Okta Balang

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *