Pemprov Kaltara Dapat Jatah Penilaian Potensi dan Kompetensi PNS Sebanyak 500 Orang

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dalam mewujudkan langkah nyata penerapan sistem merit dalam manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaksanakan pembekalan persiapan pelaksanaan tes pemetaan atau penilaian potensi dan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Talent Pool.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa mengatakan metode yang akan dilaksanakan berupa Computer Assisted Competency Test (CACT) bagi PNS di Pemprov Kaltara.

“Pelaksanaan tes pemetaan ini di fasilitasi oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) bagi seluruh PNS dilingkungan Pemprov Kaltara,” ujar Andi Amriampa kepada benuanta.co.id, Rabu, 5 Juli 2023.

Dia menjelaskan maksud dari pelaksanaan tes pemetaan atau penilaian potensi dan kompetensi PNS ini untuk mewujudkan langkah nyata dalam penerapan merit sistem dalam manajemen PNS, sebagai bagian dari manajemen ASN dalam mendukung pencapaian visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara.

“Tujuannya, pertama bahwa tes kompetensi ini dilaksanakan agar mendapatkan PNS Kaltara yang mempunyai kompetensi unggul, profesional dan berintegritas,” terangnya.

Tujuan keduanya, yakni sebagai langkah awal menyusun standar kompetensi ASN yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan di antaranya untuk pengembangan kompetensi, uji kompetensi dan kelompok rencana suksesi ASN yang berdasarkan standar kompetensi yang didasarkan pada kamus kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural.

“Ini diharapkan untuk mewujudkan Kaltara yang berubah maju dan sejahtera sesuai visi dan misi Gubernur Kaltara,” paparnya.

Andi Amriampa mengatakan pembekalan dilaksanakan selama sehari di tanggal 5 Juli 2023, sedangkan pelaksanaan tes terbagi dalam 5 sesi dan dilaksanakan di 2 lokus yakni di laboratorium CAT BKD Kaltara dan laboratorium komputer SMAN Tanjung Selor.

“Jadi jatah yang diberikan oleh BKN untuk Kaltara yang ikut tes pemetaan atau penilaian potensi ini sebanyak 500 orang,” sebutnya.

Sementara narasumber dari pembekalan persiapan tes pemetaan ini yaitu Kepala Pusat Penilaian Kompetensi BKN, Bajoe Loedi Hargono, Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, A. Darmuji dan Asesor SDM Utama, Wakira.

“Jadi kegiatan tes pemetaan sampai bulan Juli 2023 itu free atau gratis, tapi selanjutnya nanti berbayar. Berbahagialah bagi peserta yang ikut saat ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *