Harga Daging Ayam Potong dan Bawang Putih Meroket Jelang Idul Adha

benuanta.co.id, TARAKAN – Sepekan jelang Idul Adha tahun 2023 harga daging ayam potong dan bawang putih mulai mengalami kenaikan di sejumlah pasar di Kota Tarakan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriani, S.H,. M.M. Ia mengatakan, hasil rapat kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dilaksanakan pada Senin, 19 Juni 2023.

“Dari hasil rapat kemarin memang bawang putih yang mulai naik, ayam sudah sekitar Rp 55 ribu tapi itu secara nasional. Kemarin yang naik bawang merah sekarang sudah turun, tetapi bawang putih lagi naik,” jelas Hasriani, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga :  Terbagi Dua Kloter, 153 CJH Tarakan Diberangkatkan ke Tanah Suci

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, di pasar Beringin Tarakan harga daging ayam yang dijual berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kilogram.

Adi, salah satu pedagang ayam potong mengatakan sebelum mengalami kenaikan harga ayam potong ada di harga Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogramnya. Walaupun demikian, permintaan daging ayam potong saat ini masih normal.

Baca Juga :  Bulog Beberkan Adanya Relaksasi Kenaikan Harga Beras

“Naiknya sudah seminggu lebih. Sekarang sudah dijatah 30 ekor sampai 40 ekor, biasanya 100 ekor lebih. Ini untuk persiapan Idul Adha, kalau dikasih lost (tidak dijatah) nanti tambah mahal saat lebaran,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Sari salah satu penjual bawang di pasar Beringin Tarakan menyatakan, adanya kenaikan harga bawang putih. Sebelumnya harga bawang putih ada di kisaran Rp 35 ribu per kilogramnya.

BAWANG PUTIH: penjual bawang merah dan bawang putih di Pasar Beringin Kota Tarakan (FOTO:SUNNY CELINE/BENUANTA)

“Bawang merah masih mahal Rp 48 ribu per kilogramnya, kalau bawang putih baru naik dari Rp 35 ribu per kilogram sekarang sudah Rp 40 ribu per kilogram,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Momen PPDB Riskan Kasus KK Tempel, Disdukcapil Antisipasi Pemalsuan Dokumen dengan Cara Ini

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *