Disperindagkop Kaltara Bina Pelaku Usaha Ekspor SME Development 2023

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Bidang Perdagangan Luar Negeri (PLN) akan melaksanakan kegiatan pembinaan pembinaan pelaku usaha ekspor pada kegiatan Kaltara SME’s Development Program (KSDP) tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Luar Negeri (PLN) Disperindagkop Kaltara, Lukas Sarapang mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari hasil seleksi peserta sejumlah 87 UKM.

“Yang berhasil terkurasi sejumlah 30 UKM yang lolos untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan KSDP 2023,” ungkapnya Senin (19/6/2023).

Baca Juga :  SOA Penumpang dan Barang Terlaksana dengan Baik

Sebelumnya, Lukas menjelaskan pada tanggal 6 hingga 8 Maret lalu merupakan kegiatan kurasi pelaku UKM se-kabupaten kota di Kaltara.

“Kemarin kami telah kunjungi satu persatu para pelaku UKM se-kabupaten kota di Kaltara pada tanggal 6 sampai 8 Maret lalu, dan selama kurasi kemarin didampingi oleh direktur HSC pak Hindra Soeparjanto dari Kota Surabaya,” bebernya.

Kegiatan ini, dijelaskannya bertujuan menciptakan UKM berdaya saing dan berkredibilitas dalam menghadapi pasar internasional.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Pastikan Tahun Ini PPDB Berjalan Lancar

“Selama ini kita sudah bina secara komperhensif untuk produk UKM kaltara mereka mampu bersaing pada pasar ekspor,” ujarnya.

Bahkan kegiatan KSDP tahun 2023 ini perdana dilakukan Disperindagkop Kaltara dan bakal berlangsung beberapa kali ke depannya.

“KSDP tahun 2023 ini merupakan pertama kali kami lakukan dari Disperindagkop Kaltara. Dan bakal ada pelatihan kedua dan bakal ada pelatihan kedua selama tahun 2023,” tuturnya.

Lukas Sarapang optimis usai diadakan KSDP tahun 2023 pelaku UKM terbaik dari Bumi Benuanta bisa bersaing jual produk ekspor terbaik.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Pastikan Tahun Ini PPDB Berjalan Lancar

“Termasuk dengan pembinaan KSDP para produk UKM asal Kaltara bisa memahami cara promosikan lebih kekinian dan tentu kualitas tetap kami himbau mereka bisa maksimal berikan terbaik untuk kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2096 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *