Kemenag Kaltara Minta Pemotongan Hewan Kurban Sesuai Ketentuan Islam

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jelang hari raya Idul Adha di yang jatuh pada tanggal 28 Juni mendatang, umat muslim saat ini tengah disibukkan mencari hewan kurban seperti sapi dan kambing untuk disembelih.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara (Kaltara) H. Saifi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar pada saat melaksanakan pemotongan hewan kurban harus mengikuti ketentuan dan syariat Islam yang berlaku.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

Seperti memilih hewan kurban yang sehat dan berkualitas, sehingga ibadah yang dilakukan juga bernilai tinggi.

“Pada saat pemotongan hewan kurban kira harap mencari tempat-tempat yang bersih dan tidak menggangu masyarakat lain,” katanya, Jumat ( 16/5)

Dalam pemilihan hewan kurban kata Saifi, harus memenuhi syarat yaitu. Hewan tersebut matanya tidak buta, telinga tidak terpotong, tidak memiliki penyakit kulit, tanduknya sempurna dan tidak kurus.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Karena kita masih punya waktu beberapa Minggu saya imbau pilih sapi yang terbaik untuk di jadikan kurban, dengan memperhatikan kesehatan hewan kurban sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat,” jelasnya pada benuanta.co.id.

Tak hanya itu, kata Saifi, sebelum membeli hewan kurban. Diharapkan berkomunikasi terlebih kepada peternak, untuk menanyakan kesehatan sapi yang di jual.

“Teliti sebelum membeli, tapi saya yakin semua sapi-sapi yang dijual untuk dijadikan qurban sudah mendapatkan perhatian dari dinas terkait dalam hal ini sudah mendapatkan vaksin agar bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *