Forpesi Menyasar Semua Elemen

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Forum Penyiaran dan Informasi (Forpesi) Kalimantan Utara (Kaltara), mengagas kegiatan secara terbuka dengan tema peran pemuda dalam mengawal media penyiaran dan Informasi di Kaltara yang dilaksanakan Kamis (15/6).

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kaltara Ilham Zain dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan oleh forpesi patut diapresiasi karena mereka telah memiliki rasa peduli terhadap segala bentuk penyiaran dan informasi yang berkembang di Kaltara.

Baca Juga :  Dugaan Ijazah Palsu, Kepala Sekolah dan Seorang Muridnya Segera Dipanggil Dirkrimum Polda Kaltara

“Saya rasa melalui kegiatan edukasi seperti ini bisa memberikan pemahaman dalam arti luas bagi masyarakat di Kaltara. Termasuk sikap yang bijaksana, dalam menerima, menyebarluaskan dan mengonsumsi informasi yang berselebaran melalui media sosial,” jelasnya pada benuanta.co.id.

Lanjutnya, pemerintah Kaltara pada prinsipnya sangat mendukung segala bentuk kegiatan yang mengandung unsur positif. Termasuk yang dilakukan forpesi.

“Kalau dari Pak Gubernur, Pemerintah Kaltara sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan hebat. Artinya, literasi, edukasi menyasar semua elemen masyarakat untuk menepis berita hoax,” jelasnya.

Baca Juga :  Kondisi Hujan di Kaltara Dipengaruhi Gelombang Rossby Ekuatorial 

Apalagi dengan dinamika digitalisasi saat ini begitu cepat sehingga informasi yang tersampaikan kepala masyarakat sangat cepat beredar. Alhasil apakah informasi tersebut kebenarannya dapat diuji atau tidak itu kembali kepada masyarakatnya.

“Namun kita mengimbau kepada masyarakat terhadap informasi yang kebenarannya belum pasti, diminta untuk jangan mudah percaya, apalagi ditelan secara mentah-mentah, karena itu akan menimbulkan hoax,” ungkapnya.

Terpisah, ketua panitia pelaksana Andreas GK, dalam sambutannya mengungkapkan diskusi yang dilaksanakan hari ini, diharapkan mampu memberikan manfaat positif bagi peserta yang mengikuti.

Baca Juga :  Dua Jamaah Haji Kaltara Wafat di Tanah Suci

“Kami berharap, kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi peserta yang hadir. Sehingga, usai kegiatan ada bekal ilmu yang diperoleh,” ujarnya.

Peserta dalam diskusi kali ini, menyasar beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Bulungan, termasuk organisasi mahasiswa yang tergabung dalam cipayung Bulungan.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *