5.354 Hewan Ternak di Nunukan Disuntik Vaksin PMK

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sebanyak 5.354 hewan ternak diberikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Nunukan.

Medik Veteriner Bidang Peternakan DPKP Nunukan, drh. Rendy Tri Dharmawan Laksana menyebut vaksinasi ini dilakukan terhadap sapi, kerbau, kambing dan domba. Vaksinasi ini telah dilakukan sejak September 2022 hingga Juni 2023.

Baca Juga :  Ke Malaysia Secara Ilegal Masuk Indonesia Jalur Resmi, Akhirnya Berurusan dengan Imigrasi Nunukan

“Kita sudah memberikan vaksin kepada hewan ternak di Nunukan, baik dosis 1 dan 2 bahkan sudah sosis 3. Jadi ada 9.939 dosis dan sebanyak 5.100 sapi dan kerbau,” kata Rendy, (14/6/2023).

Lanjut dia, sedangkan untuk kambing dan domba baru dosis pertama dengan banyak 254 hewan, dengan 254 dosis.

Di khawatirkan rentang dengan virus DPKP Nunukan mengutamakan pemberian vaksinasi kepada hewan sapi dan kerbau, ketimbang kambing dan domba. Setelah mendapat vaksin hewan tersebut mendapat Eartag Secure QR Code (diberi tanda pengenal atau identitas) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian.

Baca Juga :  Bikin Kaget! Buaya Muncul Samping Jendela Rumah Warga Jalan Lingkar Nunukan

Selain memberikan vaksinasi, bidang peternakan juga melakukan surveilan dibantu Balai Karantina Banjar Baru.

Dia juga mengatakan pengujian elisa NSP lebih dari 500 spesimen di pulau Nunukan dan Sebatik. Dari hasil uji itu 70 persen zero positif. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar