13 Hektare Lahan Disiapkan untuk Pembangunan DPPU Avtur

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Nunukan telah mempersiapkan lahan seluas 13 hektare (Ha) jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pembangunan Depot Bahan Bakar Minyak (BBM) yang juga menyediakan kebutuhan Avtur untuk pesawat dan helikopter.

Lahan seluas 13 hektare itu selain untuk Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), juga akan dipersiapkan untuk pembangunan Markas Komando (Mako) TNI.

Sedangkan lahan untuk DPPU, direncanakan akan siapkan di wilayah kecamatan Nunukan Selatan.

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

“Selama ini pesawat tidak bisa stay di Nunukan, karena tidak ada bahan bakar untuk Avtur. Kita memang tidak ada Depot Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga kita mempersiapkan lahan ketika sewaktu-waktu Pertamina berkenan membangun, kita tidak perlu mengadakan lagi karena kita sudah siapkan lahan, tinggal bagaimana Pertamina mengeksekusi,” kata Laura, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Jadi pemerintah hanya mempersiapkan lahan, karena ini kebutuhan untuk jangka panjang. Selama ini, misalnya dari Lanal kapal KRI jika hendak isi bahan bakar harus ke Tarakan terlebih dahulu atau ke Balikpapan, karena di Nunukan tidak ada Depot Bahan Bakar Minyak (BBM). Walaupun ada itu hanya depot swasta APMS masing-masing itu juga kapasitas sangat kecil.

“Jika sewaktu-waktu Pertamina mengisyaratkan lampu hijau untuk pembangunannya, kita sudah siap agar Pertamina bisa memenuhi di Nunukan untuk pelayanan, apalagi kita ini wilayah perbatasan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *