Siragamu Diharapkan Jadi Pedoman Prestasi Olahraga

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Melalui proyek perubahan berupa Sinergi Strategi peningkatan Prestasi Olahraga Daerah (Siragamuda) Diharapkan menjadi pedoman bagi semua pihak dalam meningkatkan prestasi olahraga di Kaltara. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Utara (Kaltara), Obed Daniel.

Dijelaskannya, Siragamuda merupakan proyek perubahan yang digagas dirinya. Proyek perubahan tersebut merupakan tugas yang wajib disusunnya untuk menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan ke-II yang sedang diikutinya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1897 votes

Proyek ini berupa aplikasi bernama Siragamudaku, yang dibuat dengan didasarkan pada permasalahan selama ini. Salah satunya adalah ketidaksinkronan basis data yang dimiliki antara provinsi dan daerah terkait keolahragaan dan kepemudaan.

“Salah satu strategi itu adalah membangun sistem informasi ini. Mudah-mudahan ini akan menjadi suatu pedoman semua pihak,” ucapnya, Selasa (13/6)

Aplikasi yang menghadirkan data terkait keolahragaan dan kepemudaan di Kaltara. Seperti data cabang olahraga, data organisasi kepemudaan, program even olahraga dan kepemudaan. Termasuk akses bagi masyarakat untuk menyampaikan proposal kepada pemerintah daerah.

“Di dalam aplikasi itu ada persyaratan yang harus dipenuhi pemohon. Jika kurang, proposal akan ditolak. Selain itu, di aplikasi itu juga memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan saran dan masukkan terkait pembangunan keolahragaan dan kepemudaan,” jelasnya pada benuanta.co.id.

Guna memudahkan pengelolaan data di aplikasi tersebut, ia telah menunjuk admin di masing-masing Dispora kabupaten dan kota, termasuk KONI untuk menginput data yang diperlukan.

“Di tahun pertama penerapan aplikasi ini akan mendapatkan tantangan karena banyak data yang harus diinput. Namun ke depan akan lebih mudah karena hanya mengupdate informasi saja,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *