Jelang Idul Adha, 100 Juru Sembelih di Kaltara Ikuti Pelatihan

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang Idul Adha tahun 2023 Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan bekerjasama dengan pihak Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengadakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) se-Kalimantan Utara (Kaltara), pada Kamis, 1 Juni 2023 lalu.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Masjid Baitu Izza Islamic Center Tarakan dan diikuti oleh 100 Juleha yang ada di empat kabupaten dan satu kota di Kaltara. Diadakannya pelatihan bagi para Juleha ini untuk mengatisipasi membeludaknya pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH).

Kepala Sub Bagian (Kasubang) Tata Usaha (TU) Kemenag Tarakan, Asmawan menyarankan para penyedia hewan kurban menyembelih hewan di RPH. Namun, karena keterbatasan RPH, ia juga berharap para penyedia hewan kurban menyediakan tempat untuk penyembelihan.

Baca Juga :  Siklon Tropis Terdeteksi di Laut Filipina, BMKG Tarakan Beberkan Dampaknya

“Para penyembelihnya sudah mendapat sertifikasi dan hewan yang akan disembelih tidak lepas dari pengawasan serta sudah di karantina,” tutur Asmawan, Selasa (13/6/2023).

Sementara itu Ketua DPW Juleha Kaltra, Juliansyah, S.E mengungkapkan terdapat sekitar 200 Juleha di Kota Tarakan yang memiliki sertifikat melalui pelatihan. Namun belum ada Juleha yang bersertifikat dari lembaga khusus sertifikasi juru sembelih di Tarakan.

“Itu khusus, kalau mau ambil sertifikat itu (sertifikat dari lembaga khusus sertifikasi juru sembelih) itu ada pelatihan khusus, kalau kami hanya dasar-dasarnya saja,” terang Juliansyah.

Baca Juga :  715 PPPK Kota Tarakan Dilantik, Tenaga Guru 645 Orang

Ia juga menambahkan, seorang Juleha bisa mendapatkan sertifikat jika bisa menguasai 12 kompetensi yang dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi dari pusat.

“Di antara ke 12 kompetensi itu yang pertama menyembelih sesuai dengan syariat, menyelenggarakan penyembelihan yang higenis, memastikan hewan yang disembelih layak sesuai ketentuan dan memastikan hewan sembelihan benar-benar mati dan layak dikomsumsi, itu yang di antaranya,” ungkapnya.

Sekadar informasi, pada Sabtu 17 Juni 2023 mendatang juga akan diadakan pelatihan Juleha yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pelatihan tersebut akan dilangsungkan di kantor MUI Kota Tarakan.

Baca Juga :  BPBD Tarakan Sesalkan Sikap Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

“Pelatihannya kurang lebih sama tetapi ini ada tambahan materinya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *