Bank Indonesia Gandeng Disperindagkop Kaltara untuk Kurasi Produk Lokal

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tingkatkan kualitas produk lokal agar dapat menjadi produk pilihan yang dapat bersaing di pasar besar, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) menggandeng Dinas Perdagangan dan Perindustrian Koperasi(Disperdindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Manajer Bank Indonesia Perwakilan Kaltara, Bidang Pengembangan UMKM, Miftakul Khoiri mengatakan dalam kegiatan bersama Disperindagkop Kaltara ini nantinya pihak Bank Indonesia akan membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk lokal Kaltara ke pasar luar daerah.

Baca Juga :  Mudahkan Cek Harga Sembako lewat Aplikasi SigapKu

“Kegiatan ini namanya kurasi UMKM, nanti produk-produk yang terpilih nanti akan kita bawa untuk ikut dikegiatan pameran produk lokal nasional di Kabupaten Lombok,” kata Miftakul, Selasa, 13 Juni 2023.

Kurasi sendiri ialah sebuah proses penyeleksian terhadap produk UKM/IKM yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat diekspor/dinaikkan kelasnya.

“Nanti produk-produk terpilih akan kita upgrade juga bentuk kemasannya, tujuannya agar produk ini mendapat kesan yang baik dari pembeli. Selain itu tampilan dari produk juga akan menentukan harga dari produk itu,” ujarnya.

Baca Juga :  Bongkar Muat Sembako Diharapkan Bisa Lebih Diutamakan

Sementara itu, Kepala Disperindagkop Kaltara Hasriyani mengapresiasi BI Perwakilan Kaltara dalam membantu perkembangan pelaku UMKM Kaltara. Dalam kegiatan ini, Hasriyani mengaku pihaknya juga akan turun tangan dalam membantu pelaku UMKM memasarkan produk, pengemasan, hingga izin halal dan izin dari pihak BPOM.

“Tentunya kita sangat berterima kasih kepada BI yang sudah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang,” terangnya.

“Jadi dalam kegiatan ini kita memanggil hampir semua pelaku UMKM yang ada di Kaltara sebagai perwakilan kurasi produk ini dan tentu kita berharap semua produk ini dapat lolos kurasi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Bongkar Muat Sembako Diharapkan Bisa Lebih Diutamakan

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2903 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *