Speedboat Muatan Babi yang Kecelakaan di Malinau Tengah Diusut Polisi

benuanta.co.id, MALINAU – Kepolisian Resor (Polres) Malinau masih dalami penyebab dari kecelakaan laut speedboat non-reguler SB Pelangi Utara yang mengalami karam.

Speedboat dari Kabupaten Malinau dengan tujuan Kota Tarakan ini terbalik di sekitar perairan Sungai Sesayap – Malinau Utara, tepatnya depan Dermaga PLTU Desa Kelapis sekitar pukul 12.30 WITA, Sabtu 20 Mei 2023.

Saat dikonfirmasi Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., melalui Kapolsek Malinau Utara IPDA Joko Subagyo menerangkan, bahwa dalam insiden kecelakan speed SB. Pelangi Utara tersebut terbalik saat melalui jalur sungai dekat Pelabuhan Kelapis – Malinau Utara.

“Speedboat tersebut bermuatan 3 orang penumpang beserta seorang motoris dan 15 belas hewan ternak babi dari Malinau tujuan Tarakan yang berlokasi di depan Dermaga PLTU Desa Kelapis, Pelabuhan Kelapis Malinau Utara,” kata Joko, Senin, 22 Mei 2023.

Lanjutnya, semua penumpang dan seorang motoris selamat dalam insiden tersebut. Namun dari 15 ekor ternak babi yang dibawa, hanya 12 ekor berhasil dievakuasi.

Kemudian pada saat kejadian, personel Polsek Malinau Utara beserta personel Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) atau sering disebut Pos Pol KP3 Pelabuhan Polres Malinau turut hadir membantu evakuasi usai warga melaporkan kepada pihak kepolisian.

Selain itu, dua warga Desa Kelapis Kecamatan Malinau Utara yakni Chandra dan Malik turut serta membantu mengevakuasi secara langsung terjun ke sungai untuk menolong korban dengan selamat.

“Saat kejadian juga, ada seorang penumpang yang ijazahnya hilang hanyut pada saat kejadian. Untuk hewan ternak babi yang dibawa ada 15 ekor dan 12 ekor berhasil dievakuasi 3 di antaranya hilang terbawa arus sungai. Dari 12 ekor, hanya 1 ekor yang hidup dan 11 ekor dilaporkan mati lemas karena tenggelam,” ujarnya.

Polisi juga masih melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab terjadinya laka tunggal tersebut bersama pihak-pihak terkait.

“Saat ini kami masih berada di TKP. Tiga penumpang atas nama Sugianto (46), Halina (55), Trisna (24) dan seorang motoris Rian (36) selamat dan saat ini sedang menjalani perawatan. Selain itu speedboat juga sudah dibawa ke Pos KP3 Malinau,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *