BMKG: Hujan Masih Mendominasi di Kaltara hingga Siang Hari

benuanta.co.id, TARAKAN – Kalimantan Utara (Kaltara) diguyur hujan sejak Ahad, 21 Mei 2023 malam. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang ini, terpantau salah satunya di Kota Tarakan mulai terjadi pada dini hari, Senin, 22 Mei 2023.

Hingga pagi inipun, sebagain besar wilayah Kaltara masih didominasi hujan ringan namun tak lagi disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan prediksi suhu 23 hingga 30 derajat celcius.

“Pada pagi hari di Tarakan dan Tanjung Selor hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang. Sementara untuk Nunukan, Malinau dan Tana Tidung hujan ringan,” ucap Forecaster Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan, Elok Suci Wulandari.

Baca Juga :  Atasi Over Kapasitas di Lapas Nunukan, Gubernur Zainal Bersurat ke Dirjen Kemenkumham

Dilanjutkannya pada siang hari wilayah Tanjung Selor, Tarakan dan Malinau juga masih akan didominasi hujan. Untuk wilayah Nunukan dan Tana Tidung diprediksi cerah berawan.

“Kemungkinan jam 11 hingga jam 2 siang nanti wilayah Tarakan dan Bulungan masih ada potensi hujan,” sambung Elok.

Lanjut memasuki sore dan malam hari, prediksi hujan tak lagi mendominasi melainkan cerah berawan hingga berawan melanda lima kabupaten kota di Kaltara. Sementara pada malam hari cuaca berawan hingga cerah berawan masih berlangsung.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Terdapat prediksi kabur yang akan terjadi di wilayah Bulungan, Malinau, Tana Tidung juga Nunukan. Namun, kabut diprediksi akan berlangsung pada dini hari, Selasa, 23 Mei 2023. Kendati prediksi cuaca pada malam nanti berawan hingga cerah berawan, BMKG tetap mengeluarkan warning untuk masyarakat waspada terhadap cuaca yang berubah-ubah.

“Warning untuk potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada malam hari nanti. Warningnya di Tana Lia, Tarakan dan sekitarnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Turun ke Lapangan, Harga Rumput Laut Disorot Gubernur

Ia juga menguraikan prediksi ketinggian gelombang pada hari ini . Untuk arah angin Selatan – Barat Daya, 2 – 10 knots dengan
tinggi gelombang 0.1 – 0.5 meter. Sementara untuk Perairan Sulawesi Bagian Barat diprediksi arah angin Selatan – Barat Daya, 2 – 15 knots dengan tinggi gelombang 0.5 – 1.25 meter. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *