KPU Kaltara Siapkan TPS Khusus untuk 4.711 Pemilih

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Lindungi hak pilih masyarakat saat hendak mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) siapkan TPS khusus bagi 4.711 pemilih di Kaltara.

TPS khusus ini sendiri merupakan TPS yang disiapkan oleh KPU Kaltara untuk masyarakat yang tidak bisa mencoblos di TPS reguler.

“Sasarannya seperti warga binaan Lapas dan karyawan perusahaan yang notabennya tidak bisa pergi ke TPS reguler saat hari Pemilu nanti,” kata Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami pada Kamis, 18 Mei 2023.

Baca Juga :  Bersinggungan dengan Perda, Pemasang APS di Median Jalan Nunukan Bakal Dipanggil

Sebelum mendata jumlah kebutuhan TPS khusus ini, Suryanata menjelaskan pihaknya terlebih dahulu menjalankan sosialisasi dan pendataan terhadap warga binaan Lapas dan karyawan swasta. Setelah pendataan ini selesai, KPU Kaltara akan mengkalkulasikasikan jumlah pemilih untuk menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan TPS khusus.

“Jadi pihak Lapas dan perusahaan juga harus bersurat permohonan kepada pihak KPU untuk dibuatkan TPS khusus di lokasinya masing-masing,” terangnya.

Baca Juga :  Langkah Politik Diapresiasi, Zainal-Ingkong Disebut ‘Duet’ Ideal di Pilgub Kaltara

“Setelah itu, jumlah pemilihnya akan kita hitung lalu kita sesuaikan dengan jumlah TPS yang dibutuhkan dan sejauh ini berdasarkan perhitungan kita, maka ada sekitar 4.711 pemilih di TPS khusus yang akan kita siapkan,” tambahnya.

Suryanata menambahkan jumlah TPS khusus ini berkemungkinan akan bertambah, mengingat masih ada beberapa perusahaan yang belum merespon pihak KPU Kaltara terkait kebutuhan TPS khusus ini.

Baca Juga :  Enam Calon Kepala Daerah Berau Ikut Fit and Proper Test Partai Hanura

“Rata-rata perusahaan sangat ini adanya TPS khusus ya, karena karyawannya tetap bisa bekerja sambil mencoblos di TPS. Namun masih ada juga beberapa perusahaan yang sampai hari ini belum merespon kita,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2114 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *