Anak Pedagang Asongan Masih Berkeliaran

benuanta.co.id, TARAKAN – Hingga kini anak berjualan masih berkeliaran di sejumlah tempat usaha. Pantauan benuanta.co.id, pada Ahad malam (14/5/2023), di sebuah kafe bilangan Pamusian, tampak seorang anak laki-laki berwajah lesu di tengah keramaian sedang menawar barang dagangannya ke sejumlah pengunjung.

Lurah Pamusian, Siti Nurdiyanah menjelaskan, anak pedagang asongan sering ditemui pada sejumlah titik di Kelurahan Pamusian seperti di Sinar Terang Baru (STB) dan sejumlah kafe di wilayah kerjanya. Siti telah menggalakkan edaran wali kota kepada warganya melalui ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.

Baca Juga :  Ombudsman Temukan Masalah pada Penanganan Sunting di Pantai Amal

Selain itu, sejumlah kafe dan tempat usaha di Kelurahan Pamusian pun telah ia sampaikan. Permasalahannya, anak pedagang asongan tersebut bukanlah warga Kelurahan Pamusian.

“Terkait pedagang anak asongan, merupakan ranah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, cuma untuk sosialisasi merupakan tugas kelurahan, kami telah melakukan sosialisasi langsung kepada orang tua dari anak pedagang asongan,” ucapnya.

Baca Juga :  Bulog Tarakan Pastikan Stok Beras Aman untuk Kebutuhan Iduladha

Diketahui, ada sejumlah anak yang masih bersekolah, namun telah mendapatkan bantuan berupa Program Kelurahan Harapan (PKH) untuk anak sekolah. Saat ini dalam tahap pencarian kedua. Hasil survei lapangan, kebanyakan anak pedagang asongan berasal dari keluarga menengah ke bawah.

“Jadi pemerintah sudah memberikan bantuan tunai untuk anak sekolah, selain itu, dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu berupa pakaian sekolah,” tandasnya (*)

Baca Juga :  Bulog Beberkan Adanya Relaksasi Kenaikan Harga Beras

Reporter: Okta Balang

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2872 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *