Meski Sistem Tertutup disetujui MK, PAN Tetap Gunakan Sistem Terbuka di Pileg

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Adanya isu perubahan sistem proporsional terbuka Pemilihan Legislatif (Pileg) menjadi sistem proporsional tertutup, ternyata diklaim tidak akan mempengaruhi kader Parpol PAN Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk bertarung dalam Pileg tahun 2024 mendatang.

Ditegaskan oleh ketua DPW PAN Kaltara, Ibrahim Ali semua Bacaleg dari PAN Kaltara sudah siap menghadapi Pileg. Baik akan menggunakan sistem terbuka atau tertutup semuanya tidak akan mempengaruhi kesolidan dari kader PAN Kaltara.

Baca Juga :  KPU Tetapkan 505 TPS di Kabupaten Nunukan

“Uji materi sistem Pileg ini memang masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun baik secara terbuka atau tertutup PAN Kaltara sudah siap untuk menghadapi Pileg,” kata Ibrahim Ali pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Tidak berpengaruhnya sistem tertutup Pileg ini diakui oleh bupati KTT itu, karena DPP PAN sudah sepakat dan berkomitmen untuk selalu menggunakan sistem terbuka Pileg secara internal partai.

Baca Juga :  Langkah Politik Diapresiasi, Zainal-Ingkong Disebut ‘Duet’ Ideal di Pilgub Kaltara

“Andaikan MK memutuskan untuk memakai menggunakan sistem tertutup maka PAN secara internal akan tetap menggunakan sistem terbuka,” terangnya.

“Artinya PAN akan memprioritaskan Bacaleg dengan suara tertinggi. Oleh karena itu baik sistem terbuka atau tertutup bagi PAN semua sama saja,” imbuhnya.

Dengan adanya komitmen ini juga diharapkan oleh Ibrahim Ali tidak membuat kader PAN Kaltara menjadi goyah dan takut untuk bertarung dalam Pileg.

Baca Juga :  Bersinggungan dengan Perda, Pemasang APS di Median Jalan Nunukan Bakal Dipanggil

“Kita tidak bisa menzalimi suara rakyat, artinya siapa yang paling banyak dipilih oleh rakyat maka dialah yang harus bertanggung jawab dan duduk mewakili rakyat di DPRD,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *