DPD PKS Parpol Pertama yang Mendaftar, KPU Harapkan Tak Bersamaan di Detik Akhir

benuanta.co.id, Berau – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Berau mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau sebanyak 30 orang pada Rabu, 10 Mei 2023.

Penyerahan berkas Bacaleg itu didampingi langusng oleh Ketua DPD PKS Berau, Sumadi. Sumadi mengatakan PKS menjadi pendaftar pertama ke KPU Berau dan berkas yang diserahkan tersebut semuanya telah memenuhi persyaratan.

“Bacaleg tersebut terdiri dari, Dapil 1 ada 8 kursi, dapil 2 dari 9 kursi, Dapil 3 Wilayah Pesisir 7 kursi, dapil 4 ada 6 kursi,” ujarnya.

Setelah pendaftaran ini, pihaknya akan mengikuti aturan-aturan yang ada dalam proses Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari nanti.

Baca Juga :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Alat Berat Kecelakaan Sebabkan Pengemudi Meregang Nyawa

“Kami juga mengimbau agar tetap menjaga kondusifitas di Bumi Batiwakkal, jangan hanya karena berbeda pilihan terjadinya kegaduhan di antara masyarakat,” harapnya.

Termasuk katanya mengharapkan kepada para pengurus DPD PKS PKS Berau dan para Bacaleg DPD PKS Berau, juga menyampaikan program tanpa harus melanggar aturan.

“Marilah kita menyampaikan program kita dengan benar tidak melanggar aturan yang ada,” tukasnya.

Tak hanya DPD PKS, Hanura menjadi partai lain yang mendaftar di KPU Berau. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Berau, Budi Harianto sejak dibukanya pendaftaran Bacaleg pada 1 Mei lalu, DPD PKS Berau menjadi pendaftar pertama dan Hanura posisi kedua.

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

PKS sendiri, kata dia, telah daftarkan 30 Bacaleg di 4 Dapil. Pihaknya selaku tim KPU yang melakukan verifikasi sementara dan DPD PKS Berau dinyatakan memenuhi persyaratan.

“Artinya dinyatakan diterima. Selanjutnya di tanggal 15 Mei – 23 Juni itu akan dilakukan verifikasi admistrasi bakal calon tersebut,” jelasnya Rabu (10/5/2023).

“Partai lainnya, seperti Nasdem hari ini, dan Golkar PDI Perjuangan, PAN dan Gelora itu secara lisan sudah mengajukan jadwal, tapi masih berupa lisan saja,” tambahnya kepada benuanta.co.id

Baca Juga :  Rumah dan Gudang Terbakar di Teluk Bayur

Ia berharap kepada para Parpol di Bumi Batiwakkal, agar tidak mengantar pendaftaran Bacelegnya di detik-detik akhir batas pengajuan yakni 14 Mei. Sebab menurutnya hal tersebut menghindari terjadinya penumpukan, ketika Parpol menyampaikan Bacalegnya secara bersamaan di detik-detik terakhir pendaftaran tersebut. (**)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *