Pemprov Dorong Pelajar yang Baru Lulus dalam Program Masa Depan

benuaanta.co.id, TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kaltara) melepas kelulusan pelajar SMA dan SMK tahun ajaran 2022/2023, se-Kabupaten Bulungan di gedung indoor Lapangan tennis Jalan Gelatik, Senin (8/5/2023).

Gubernur Zainal menyampaikan, pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan sekolah seyogyanya dapat menjadi generasi Kaltara yang produktif. Di mana hal ini sesuai dengan visi-misi Pemprov Kaltara dalam memajukan dunia pendidikan Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2114 votes

“Kita mendorong mereka karena kita memiliki program untuk masa depan mereka, seperti kerja sama dengan perusahaan agar mereka bisa kerja dan menyiapkan beasiswa untuk pelajar yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi,” katanya.

Ia menyebutkan salah satu program yang ia canangkan saat ini ialah membuat pelatihan bagi pelajar lulusan SMK untuk menerima sertifikasi bidang.

“Sertifikasi ini nantinya berguna untuk mereka melamar pekerjaan ataupun membuat usaha, karena sertifikasi inilah yang menguatkan mereka sebagai seorang yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kaltara Teguh Henri Sutanto menerangkan, pada tahun 2022 lalu hanya ada tiga persen saja pelajar SMA dan SMK yang tidak memiliki pekerjaan alias menganggur. Sedangkan sisanya, ada yang sudah bekerja dan membuka usaha serta melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“67 persennya sudah bekerja dan 30 persennya melanjutkan pendidikan, sedangkan 3 persennya tidak bekerja karena disebabkan beberapa faktor seperti menikah,” terangnya.

“Artinya untuk pelajar yang lulus ditahun 2023 ini, kita juga optimis kalau mereka juga akan produktif karena Pemprov juga sudah menyiapkan mereka program untuk siap kerja dan siap usaha,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *