Tiga Pekan Pelanggan PDAM Tirta Taka Krisis Air Bersih, Ini yang Dilakukan PDAM

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sejumlah pelanggan mengeluhkan 3 pekan suplai air bersih PDAM Tirta Taka Nunukan ke pelanggan tidak mengalir. Akibatnya, masyarakat yang bertumpu pada air PDAM merasakan kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

“Sudah 3 pekan macet,” kata salah seorang pelanggan, Mustapa, Sabtu, 6 Mei 2023.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1946 votes

Mustapa mengaku kecewa dengan kondisi suplai air yang kerap macet. Karena masyarakat setempat hanya mengandalkan air PDAM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

“Saya sangat kecewa atas kondisi tersebut, PDAM seakan tidak peduli untuk meminimalisir persoalan ini, di mana kebutuhan mandi, wudhu sangat urgen,” kata Mustafa.

Lanjutnya, padahal sudah berulang kali disampaikan baik secara langsung maupun melalui media. Namun keluhan itu hingga kini belum ada solusi dari pihak perusahaan maupun pemerintah setempat.

“Kita sekarang hanya mengandalkan beli air profil tangki, dan sebagian air sumur bor. Selaku pelanggan yang mengharapkan air bersih dari PDAM kami kecewa,” ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

Direktur Perumda Air Minum Tirta Taka, Masdi mengatakan, saat ini curah hujan di Nunukan sangat kurang, dan jika melihat volume embung di Nunukan sangat besar. Sedangkan PDAM hanya sebagai operator, sedangkan pemerintah yang memiliki kebijakan.

“Kita hanya menjalankan yang ada, dan memberikan masukan dan terobosan atau langkah yang lainnya,” jelasnya.

Lanjut Masdi, kurangnya pasokan air bersih ke masyarakat itu karena kurangnya embung tadah hujan, sehingga perlunya tadah hujan dengan cara embung ditingkatkan dengan cara dibendung. “Kita harus meningkatkan volume tampung,” ujarnya.

Baca Juga :  Pelabuhan Sei Jepun Dipadati Penumpang Berwisata ke Sebatik

Selain itu, untuk mengatasi persoalan tidak mengalirnya air ke rumah warga, maka pihaknya bersama dengan armada dari DLH, pemadam kebakaran, Polres, dan BPBD menyasar beberapa wilayah ke rumah-rumah warga dan tempat ibadah memberikan air bersih.

“Kita tetap bekerja, dengan dukungan berbagai pihak baik dari bupati, dewan pengawas, serta DLH, pemadam kebakaran, dan BPBD kami membagikan air ke masyarakat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *