Didominasi Awan Penghujan, Gerhana Bulan Penumbra Terlihat

benuanta.co.id, TARAKAN – Gerhana bulan penumbra mulai terlihat di wilayah Tarakan. Diketahui, cuaca kurang mendukung karena adanya awan penghujan pada 5 Mei 2023 malam. Hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang mulai terjadi sekira pukul 22.30 WITA.

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, langit di wilayah Tarakan dan sekitarnya tampak cerah sekira pukul 01.50 Wita. Bulan yang sejajar dengan bumi dan matahari pun mulai terlihat dan bersinar dengan cahaya berwarna putih.

Baca Juga :  Mau Kelabui Petugas, Warga Bunyu Dibekuk Polisi Selipkan Sabu di Dalam Kipas Angin

Forecaster BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta mengatakan kondisi yang ada saat ini masih sedikit gerimis. Namun masih terdapat potensi untuk dapat menyaksikan gerhana bulan penumbra.

“Ada potensinya (gerhana penumbra). Namun kemungkinannya kecil,” katanya.

Dijadwalkan, gerhana penumbra puncak di mulai pukul 01.22 WITA dan berakhir pada 03.30 Wita.

“Ke depannya untuk kondisi cuaca masih dominan berawan,” tambah Danu.

Baca Juga :  JPU Hadirkan Tiga Orang Saksi Pembunuhan AGR

Sementara itu, salah satu masyarakat, Demi (22) mengatakan sangat menantikan momen gerhana bulan penumbra ini. Menurutnya, momen matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus adalah hal yang sangat langka terjadi.

“Ya begitulah. Niatnya memang mau lihat bulan kan tapi hujan. Apalagi ini langka. Dan bisa dilihat dengan mata telanjang juga,” singkat dia.(*)

Baca Juga :  Pengelola Bank Sampah Mitra Binaan Medco E&P Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *