Ada Varian Baru Covid-19, Siap – Siap Protokol Kesehatan Kembali Diterapkan

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Kasus Covid-19 kembali merebak di sejumlah daerah di Indonesia. Tak terkecuali di Kalimantan Utara (Kaltara). Mengenai hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara akan kembali menerapkan protokol kesehatan, dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltara Usman, menghimbau  untuk maspadai penularan covid-19 varian Arcturus atau XBB 1.16 yang sangat menular. Usman menyebutkan dengan meningkatnya kembali kasus covid-19 masing-masing kabupaten kota diharapakan kembali untuk menerapkan kebijakan protokol kesehatan, meski PPKM sudah dicabut.

“Kami (Dinkes) sepakat saja jika penerapan protokol kesehatan kembali diberlakukan terutama pengguna masker sebab ada sub varian baru,” ucapnya, Jumat (5/5)

Lanjut Usman, varian Arcturus penularannya sangat cepat. Hanya saja untuk menyebakan penderitaan meninggal sangat kecil. Apalagi saat ini pemberlakuan pemeriksaan kesehatan transportasi sudah tidak diberlakukan lagi untuk pelaku perjalanan untuk itu masyarakat dihimbau untuk kembali menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi kita masing-masing harus waspada dengan covid varian baru ini, dan kami juga tetap menganjurkan masyarakat melakukan vaksin di setiap pos kesehatan yang sudah disediakan,”ucapnya pada benuanta.co.id.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi agar segera melangsungkan vaksinasi di puskesmas, rumah sakit, dan klinik. (*)

Reporter: Ike Juliant

Editor : Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *