Penumpang Melonjak, Bandara Juwata Tingkatkan Evaluasi Keamanan dan Pelayanan

benuanta.co.id, TARAKAN – Arus mudik dan arus balik penumpang Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan mengalami peningkatan, Posko Koordinasi Angkutan Udara Lebaran 2023 maksimalkan keaman dan pelayanan penumpang.

Ketua Posko Koordinasi Angkutan Udara Lebaran, Purnama Panglinan menjelaskan bahwa terjadi lonjakan penumpang. Kenaikan yang signifikan menembus angka 1.000 lebih penumpang untuk keberangkan dan kedatangan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Terdapat 11 maskapai yang beroperasi pada tahun ini sedangkan dibandingkan tahun lalu ada 17 maskapai. Hal tersebut disebabkan tipe pesawat yang beroperasi tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Kepolisian Tak Temukan Calo Tiket Pelni

“Karena tahun lalu pesawat yang datang ke sini (bandara) tipe kecil, ATR. Sekarang pakai Boeing semua, pesawat besar. Tapi jumlah penumpangnya lebih banyak karena kapasistasnya. Kalau dilihat dari jumlah pertumbuhannya memang minus karena pergantian tipe pesawat dari yang kecil ke yang besar,” kata Purnama, Kamis (27/4/2023).

Jumlah penumpang mengalami pertumbuhan paling tinggi yakni 311.61 persen untuk kedatangan dan 406.61 persen untuk keberangkatan dari tahun sebelumnya.

Disinggung mengenai evaluasi keamanan dan pelayanan, Purnama mengatakan tidak ada pembatasan seperti tiga tahun belakangan membuat pertumbuhan penumpang yang menggunakan jasa pesawat meningkat signifikan. Hal ini pula yang menjadi acuan pihak bandara untuk memaksimalkan keaman dan pelayanan untuk penumpang.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Tekankan Penanganan Volume Sampah Selama Lebaran

“Secara umum memang kita sudah siap, dari sisi personilnya kita tambah kemudian dari fasilitas yang dibandara sudah juga kita perbaiki semua. Ruang tunggu juga sudah kita tambah kursinya bisa muat 800 sampai 900 orang,” jelasnya

Tak hanya itu, ia juga menerangkan untuk meningkatkan informasi dan komunikasi pihaknya menambahkan beberapa fasilitas pendukung dan keamanan ditingkatakan melalui bekerja sama TNI, Polri dan Basarnas.

“Malah kita perketat lagi. Kita libatkan TNI,Polri, Basarnas juga. Kalau yang nomal-normal (hari biasa) saja kita cukup orang bandara aja, untuk keamanam yang lebih baik lagi,” ungkapnya

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

Hingga saat ini untuk aduan dan keluhan tidak pernah diterima olehnya. Adapun yang diterima pihaknya yaitu terkait informasi ingin yang ditanyakan oleh penumpang.

“Tujuan dari posko itu kalau ada aduan atau informasi-informasi yang tidak jelas, aduan atau keluahan tidak ada. Biasa informasi itu jika baru pertamakali naik pesawat atau yang mau lihat jadwal pesawatnya kita tunjukan ataupun mau tahu di mana tempat check in dan ruang tunggu,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *