Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN UP3 Siagakan 152 Personel

benuanta.co.id, NUNUKAN – Antispasi pemadaman listrik di Hari Raya Idul Fitri, ratusan petugas telah disiagakan oleh PLN UP3 Kalimantan Utara (Kaltara) di masing-masing unit PLN kabupaten/kota di Kaltara

Manager PLN UP3 Kaltara, Aditya Darmawan mengatakan untuk mempersiapkan kondisi listrik di bulan ramadan dan Idul Fitri, pihaknya sebelumnya telah melakukan Right Of Way (ROW) atau pembersih jaringan. Seperti pembersihan dahan pohon yang menggangu jaringan maupun pemeliharaan terhadap jaringan lainnya, yang pemeliharaannya sudah terjadwalkan.

“Sehingga saat H-7 lebaran dan setelah lebaran kami memasuki masa siaga, jadi kami tidak adalagi pemadaman listrik terencana karena adanya pemeliharaan, kecuali di saat itu ada gangguan yang terjadi seperti faktor alam maka kondisi tersebut yang biasanya terpaksa kita lakukan pemadaman listrik,” kata Aditya kepada benuanta.co.id, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga :  Dugaan Ijazah Palsu, Kepala Sekolah dan Seorang Muridnya Segera Dipanggil Dirkrimum Polda Kaltara

Namun, Aditya mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan yang sifatnya tidak terencana saat Idul Fitri, untuk wilayah Kaltara sendiri pihaknya telah menyiapkan personel siaga yang terdiri dari personel teknik 122 orang, pegawai PLN sebanyak 30 orang yang ditugaskan siaga.

“Jadi total ada sekitar 152 personel kita di Kaltara yang akan siaga, kemudian untuk kendaraan unit kita siapakan 21 roda dua dan 24 roda empat,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 3 posko siaga yakni di UP3 di Tanjung Selor, ULP Kota Tarakan dan ULP Nunukan.

Untuk Unit Gardu Bergerak (UGK), Aditya menyampaikan pihaknya juga menyiagakan 4 unit yakni 2 di Kota Tarakan, 1 unit di Tanjung Selor dan 1 unit di Nunukan.

Baca Juga :  Dua Jamaah Haji Kaltara Wafat di Tanah Suci

“Jadi selain personel, kita juga siagakan 4 UGK, jadi ketika ada gangguan trafo jadi itu bentuknya mobile, kita juga telah menyiapkan 4 UPS di Tarakan dan menyiapkan 5 Gandset di Kaltara,”ujarnya.

Aditya mengungkapkan, segala persiapan tersebut telah disiapkan oleh pihaknya untuk memastikan masyarakat dalam menjalankan Ibadah dan merayakan hari raya Idul Fitri dengan nyaman tanpa adanya pemadaman listrik.

Dikatakannya, untuk kesiagaan saat lebaran pihaknya telah mempromosikan objek-objek Fital seperti Pelayanan Publik yang tetap buka saat lebaran yakni Rumah Sakit dan Masjid-masjid.

Ia juga menjelaskan jika pihaknya telah melaksanakan gelar pasukan dan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan peralatan dan material.

“Jadi personel kita besok ini tidak libur tetap siaga sewaktu-waktu ada gangguan maka mereka akan gerak cepat, tapi kita berharap semoga saja semuanya berjalan baik dan cuaca yang mendukung,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kondisi Hujan di Kaltara Dipengaruhi Gelombang Rossby Ekuatorial 

Untuk memastikan pasokan listrik aman, Aditya juga mengutarakan jika pihaknya telah menambah pasokan pembangkit listrik tenaga diesel yang mana untuk Kota Tarakan sebanyak 10 MW, Tanjung Selor 7 MW.

Sehingga ia berharap, segala persiapan tersebut kiranya dapat memastikan pasokan listrik tetap aman. Sedangkan untuk ketersediaan BBM diakuinya stok BBM yang ada dipastikan akan selama Idul Fitri hingga setelah lebaran nanti. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *