Arus Mudik Meningkat, Bandar Udara Juwata Tambah Penerbangan

benuanta.co.id, Tarakan – Lonjakan arus mudik pada momen lebaran 2023 mulai terlihat di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan.

Arus mudik mulai terpantau di hari ketiga jelang lebaran pada Rabu, 19 April 2023 penumpang yang terbang melalui Bandara Juwata berkisar 1.750 penumpang. Sementara untuk penumpang yang tiba per hari ketiga jelang lebaran sebanyak 1.118 penumpang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1588 votes

“Pagi itu kita ada empat pesawat untuk yang berangkat. Jadi kemampuannya itu 1.750 hingga 1.755 penumpang. Kalau yang datang memang agak berkurang,” ucap Ketua Posko Koordinasi Angkutan Udara Lebaran 2023, Purnama, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga :  Buntut Ancam Orang Pakai Sajam, AW Masuk Bui

Jumlah penumpang inipun disinyalir lebih banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar 900 penumpang. Dikatakannya, lonjakan penumpang ini diperkirakan akan terus meningkat hingga 21 April 2023.

Adapun maskapai yang dioperasikan selama mudik lebaran ialah Citilink, Lion Air, Super Air Jet dan Batik Air.

“Mungkin bisa sampai 2.000an penumpang. Sudah termasuk yang perintis seperti Susi Air yang melayani di sekitaran Kaltara saja,” tambahnya.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Adapun rute keberangkatan pada penerbangan selama mudik lebaran ialah Tarakan – Surabaya, Tarakan – Makassar, Tarakan – Balikpapan dan Tarakan – Surabaya. Sementara untuk extra flight yang disediakan yakni sebanyak 3 kali flight menggunakan maskapai Batik Air dan Lion Group dengan rute Tarakan – Balikpapan, Tarakan – Surabaya, dan Tarakan – Jakarta.

Penerapan penerbangan tambahan ini merupakan pengajuan dari pihak maskapai yang sudah diterapkan sejak 14 hingga 21 April 2023 nanti.

“Kita pantau sampai tanggal 21. Kalau masih tinggi penumpang bisa ada perpanjangan. Nanti dievaluasi,” sebutnya.

Baca Juga :  Buka Bersama, Pj. Wali Kota dan Gubernur Bagikan Bantuan Beras ke Petugas Kebersihan

Dilanjutkannya, untuk kejadian sendiri tak ada yang signifikan. Kecuali pada 16 April 2023 kemarin terdapat penumpang yang sakit. Namun dengan adanya posko angkutan udara yang disiagakan di Bandara Juwata hal ini dapat diantisipasi.

Pada posko angkutan udara ini, pihaknya menyediakan berbagai layanan informasi mengenai penerbangan dan kedatangan hingga permasalahan bagasi.

“Kita langsung tangani. Dan besoknya sudah bisa berangkat. Tiketnya juga tidak bermasalah. Pesawat juga tidak ada yang delay,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *