Jelang Lebaran, Harga Pangan di Sulsel Masih Cenderung Stabil

benuanta.co.id, Makassar – Menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, harga pangan di Sulawesi Selatan (Sulsel) masih cenderung stabil. Bahkan beberapa harga pangan mengalami penurunan.

Terpantau di beberapa pasar di Kota Makassar, dari H-10 jelang lebaran Idul Fitri hingga saat
ini komoditas yang mengalami penurunan, antaranya cabai, bawang merah, bawang putih serta daging ayam.

“Kondisi pasokan aman, jadi masyarakat tidak perlu panic buying,” kata Andi Sudirman baru – baru ini ketika melakukan sidak harga ke sejumlah pasar tradisional di Kota Makassar.

Adapun penurunan harga antaranya, cabe rawit dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu, telur Rp53 ribu per rak jadi Rp50 ribu, bawang merah dari Rp36 ribu kilogram jadi Rp32 ribu, daging ayam dari Rp30 kilogram jadi Rp26 ribu.

Adapun harga beras medium Rp11 ribu perkilogram, beras premium Rp13 perkilogram. Kemudian minyak curah Rp12 ribu perliter, minyak kita Rp14 ribu perliter dan daging sapi Rp120 ribu perkilogram.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Redindo Syahrul Yasin Limpo menerangkan stok pangan
menjelang lebaran aman. Sehingga pihaknya bersama Satgas Pangan aktif melakukan pemantauan harga disejumlah distributor guna memastikan tidak ada permainan harga,
serta penumpukan stok pangan jelang lebaran.

“Kita juga berharap masyarakat tidak panik dalam hal persoalan pangan jadi masyarakat tidak perlu ragu terhadap harga dan ketersediaan pangan karena kami bersama dengan stakeholder lainnya akan terus bekerja dalam mengendalikan inflasi maupun memastikan harga stabil,” ucap anak kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu.(*)

Reporter: Akbar

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2042 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *