Pembangunan 3 Pelabuhan Nasional Tak Bebankan APBD Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Lanjutan perencanaan pembangunan 3 pelabuhan berstandar nasional yakni pelabuhan peti kemas, pelabuhan umum dan pelabuhan feri di Kabupaten Tana Tidung (KTT). Dinas Perhubungan(Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akui sudah lakukan studi pada lokasi perencanaan.

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Kepala Dishub Kaltara, Andi Suha yang mengatakan kalau pihaknya bersama Kementerian Perhubungan sudah melakukan studi pada salah satu lokasi perencanaan pembangunan Pelabuhan.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Yang sudah kita lakukan studi dan masih berlanjut studinya, ialah lokasi pembangunan pelabuhan feri, karena beberapa waktu yang lalu kita sempat melakukan kunjungan ke Lokasi,” kata Andi Suha, Rabu, 5 April 2023.

Ia mengungkapkan pembangunan 3 pelabuhan berstandar nasional itu, nantinya akan memakan waktu yang cukup lama. Namun dalam prosesnya, Pemprov Kaltara akan tetap berkomitmen untuk membangun 3 pelabuhan itu sebagai salah satu penyanggah ekonomi Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

“Studi itu dilakukan bentuk dari keseriusan kita bersama dalam membangun mega pelabuhan itu. Makanya sebelum dilakukan pembangunan cek lokasi dan kelayakan harus kita lakukan. Dari studi inilah nantinya kita akan menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk membangun pelabuhan itu,” ungkapnya.

Dalam menetapkan alokasi anggaran pembangunan 3 pelabuhan itu, Andi Suha membeberkan semuanya tidak akan dibangun dengan beban APBD Kaltara. Tapi akan berkolaborasi bersama dengan kementerian.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Kementerian sudah berkomitmen untuk membantu kita, intinya kita hanya perlu menyiapkan lokasinya saja. Karena sebagian besar anggaran pembangunannya akan dibantu oleh kementerian,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2678 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *