Pastikan Armada Siap, Dishub Kaltara akan Laksanakan Ramp Check

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pastikan kelaikan dan kenyamanan kendaraan yang digunakan masyarakat untuk mudik dan berlibur lebaran Idul Fitri 1444 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dalam waktu dekat akan melaksanakan pengecekan kendaraan baik transportasi darat maupun armada transportasi air.

Hal itu diungkapkan Kepala Dishub Kaltara, Andi Nasuha mengatakan pihaknya dari sektor perhubungan darat kini tengah mempersiapkan untuk melakukan ramp check salah satunya untuk bus Damri, biasanya dilaksanakan pada H-7 lebaran.

Baca Juga :  Eks PMI Terlibat Kasus Pencurian, Begini Tanggapan Kepala BP3MI Kaltara

“Kita akan ramp check terhadap kendaraan maupun pelaku usahanya. Pengecekan diutamakan memeriksa kelaikannya, keselamatan termasuk kesiapan armada dan operatornya,” ucap Andi Nasuha kepada benuanta.co.id, Jumat, 31 Maret 2023.

Demikian juga dengan armada transportasi laut akan di cek kelaikannya agar dalam beroperasi nantinya tidak ada kendala, terutama untuk Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP).

Baca Juga :  Bagikan Bansos ke Lansia, Ketua TP-PKK Kaltara juga Ikut Berjalan Kaki Temani Pelajar Perbatasan ke Sekolah

“Kita pastikan semua aman baik untuk kapal laut, feri maupun speed boat,” jelasnya.

Disinggung terkait adanya kekurangan armada saat H-7 lebaran untuk speedboat, pihaknya pun melakukan kesepakatan bersama dengan Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) jika ada kepadatan penumpang maka armadanya akan ditambah.

“Kalau nanti armada yang melayani penuh padat penumpang, maka mereka (pemilik usaha) akan menambah armada,” tuturnya.

Baca Juga :  Bagikan Bansos ke Lansia, Ketua TP-PKK Kaltara juga Ikut Berjalan Kaki Temani Pelajar Perbatasan ke Sekolah

Andi menambahkan untuk syarat perjalanan seperti kartu vaksin dan sebagainya, Dishub Kaltara masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. “Tapi mudah-mudahan saat ini tidak ada lagi syarat perjalanan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1899 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *