DPKP Kaltara Wacanakan Jalin Kerja Sama Dagang Komoditi Jagung dengan Jatim

benuanta.co.id TARAKAN – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menghadiri pertemuan kerja sama misi dagang dan investasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan Jawa Timur (Jatim), Senin, 20 Januari 2023.

Pertemuan 11 OPD di antaranya Pemprov Kaltara dan Jatim ini, dihelat khusus untuk membahas iklim investasi bagi para pelaku usaha antar dua daerah provinsi yang bekerja sama sebagai upaya meningkatkan jejaring konektivitas dagang.

Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiyono membeberkan terkait pada kerja sama sektor pertanian ke depannya pihaknya, akan memfokuskan diri untuk mengembangkan beberapa potensi komoditi yang bisa ditukar. Karena ia menilai pihaknya sejauh ini masih lebih banyak membeli.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

“Terkait dengan pertanian ada beberapa yang bekerja sama, seperti crude palm oil (CPO) termasuk cangkang sawit, kemudian kita juga berharap nanti akan ada sektor peternakan, artinya kita tidak menerima saja tapi kita juga mesti ada kerja sama yang saling menguntungkan,” ucapnya.

“Artinya nanti kita back up para pelaku usaha, posisinya kita sekarang lebih banyak membeli kita juga harus produk yang dikembangkan, terutama untuk jagung pihak Pemprov Jatim juga menerima tinggal kita harus bikin sentranya itu,” lanjutnya.

Terkait potensi komoditi jagung itu, Heri memaparkan, kendala yang dialami oleh Kaltara selama ini adalah minimnya buyer (pembeli). Dengan kerja sama bersama Pemprov Jatim, ia berharap dapat menemukan solusi permasalahan tersebut.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

“Kalau untuk lahan kita di Kaltara tersedia banyak, memang yang kita perlukan itu adalah buyer dulu. Kalau pembelinya sudah oke akan lancar. Jadi dengan misi dagang ini bagus, karena antara keperluan hulu dan hilir dapat bertemu,” ungkap Heri.

Heri menilai komoditi jagung ke depannya dapat dijalin kerja sama dengan industri pakan ternak.

“Untuk lebih detail akan kita komunikasikan pada Dinas Pertanian Jawa Timur, jadi nanti produk apa saja yang sekiranya bisa dikembangkan. Harapannya ke depan juga dapat investasi terutama untuk jagung. Ternak dan jagung kan saling menguntungkan satu sama lain,” bebernya

Lebih lanjut Heri menjelaskan dengan mengandalkan komoditi jagung tersebut harapannya komoditi itu dapat membangun ketahanan pangan Kaltara.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

“Untuk ketahanan pangan kita bisa andalkan jagung ini agar lebih optimal dikirim keluar daerah, karena untuk beras sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan Kaltara dulu,” jelasnya.

Adapun komoditas hasil kerja sama yang didapatkan oleh Jatim dari Kaltara meliputi crude palm oil (minyak sawit), cangkang sawit, produk rumput laut dan produk perikanan.(adv)

Reporter: Edo Asrianur

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2872 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *