Pemprov Kaltara Bangun Pengelolaan Persampahan Modern

benuanta.co.id, BULUNGAN – Mengurai masalah sampah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya antar wilayah kabupaten kota. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara tengah melakukan penyusunan Rencana Induk Penyelenggaraan Sarana dan Prasarana Persampahan Provinsi Kaltara.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Helmi melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Perkim  Kaltara, Ayub Reydon Lumban Tobing menjelaskan pihaknya tengah melakukan penyesuaian Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan Detail Engineering Design (DED) atau detail gambar kerja.

Baca Juga :  Penuhi Ketersediaan Air Bersih, DPUPR Kaltara akan Bangun Intake Jelarai

“Nanti dibangun kemungkinan di Malinau dan Nunukan yaitu di Mansalong Lumbis,” ucapnya, Senin 13 Maret 2023.

Kata dia, nantinya tempat pembuangan akhir (TPA) ini terintegrasi dan mengakomodir sampah yang ada di Malinau bagian utara dan sampah dari wilayah Lumbis.

“Jadi ini menyentuh lintas kabupaten, sedangkan untuk Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung, itu nanti pembangunannya dilaksanakan Pemda Bulungan,” tuturnya.

Baca Juga :  DPUPR Kaltara akan Bangun Tanggul Pengendali Banjir di SP 7 Tanjung Buka

Ayub Reydon menyebutkan untuk lahan TPA ini telah disiapkan seluas 5 hektare, baik dibatas Malinau dan Nunukan maupun batas Bulungan dan Tana Tidung.

“Lahan ini hibah dari Pemerintah Kecamatan Lumbis,” bebernya.

Kata dia, program penyelenggaraan sarana dan prasarana persampahan ini memiliki tujuan besar, yakni penanggulangan kemiskinan dan stunting gizi buruk.

“Salah satu penanggulangan itu disentuh dengan program ini, selain dari bedah rumah dan penyediaan air bersih dan air minum,” ujarnya.

Baca Juga :  Penuhi Ketersediaan Air Bersih, DPUPR Kaltara akan Bangun Intake Jelarai

Dia menambahkan, pengelolaan sampah ini lebih modern pasalnya semua sampah itu dikelola di TPA tersebut.

“Jadi anggaran FS-nya sebesar Rp 700 juta,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *