Lahan Seluas 1,4 Hektare di Desa Binusan Terbakar

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dua lahan milik masyarakat di Jalan Ujang Fatimah, Desa Binusa terbakar pada Senin, 13 Maret 2023. Kebakaran ini diduga dipicu oleh oknum yang akan membuka lahan dengan cara dibakar.

Kasubid Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 13.24 Wita.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

“Luas lahan yang terbakar yakni 1,4 haktare, lahan tersebut merupakan milik Akyong dan Hj Side,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Senin (13/3/2023).

Baca Juga :  Duh! Bocah di Nunukan Nyaris jadi Korban Penculikan 

Basir menyampaikan, lahan yang ditumbuhi ilalang dan pepohonan kecil tersebut diduga terbakar akibat adanya aktivitas pembukaan lahan yang dilakukan oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab dengan membakar hutan.

Namun, Basir menyampaikan saat personel tiba di lokasi orang yang diduga telah membakar lahan tersebut sudah melarikan diri.

Sementara itu, untuk melakukan proses pendaman, 26 personel dari BPBD Nunukan kerahkan.

Baca Juga :  Bea Cukai Nunukan Sebut Ekspor Minyak Kemiri ke Malaysia Tidak Dikenakan Cukai

“Kita juga tadi dibantu oleh pihak Kepolisian 5 orang, KPH 22 orang, MPA 8 orang dan Pemadam kebakaran 4 orang,” ungkapnya.

Basir menambahkan, atas peristiwa kebakaran lahan tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian material yang dialami oleh pemilik lahan, hal ini lantaran lahan tersebut hanya ditumbuhi oleh ilalang dan pepohonan kecil.

“Kita menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar sehingga peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,” tandasnya. (*)

Baca Juga :  Bobol Rumah dan Konter HP, Mantan PMI Ini Diringkus Polisi

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *