Disperindagkop Kaltara Gelar WUB IKM Kerajinan Ukir Kayu di Bulungan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bertempat di Gedung Serba Guna Disperindagkop Bulungan, Disperindagkop Kaltara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Baru (WUB) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kerajinan Ukir Kayu di Bulungan.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltara Hasriyani mengatakan kegiatan Bimtek WUB IKM pada sektor kerajinan ukir kayu telah sesuai berdasarkan hukum Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang perindustrian.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan SDM khususnya IKM untuk menumbuhkan wirausaha baru kecil dan menengah dari sektor kerajinan,” jelasnya, Senin (27/2/2023).

“Serta pemanfaatan bahan baku lokal khususnya produk berbahan kayu untuk mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi,” sambungnya.

Selain itu, Hasriyani berharap para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemprov Kaltara bisa memesan dari pengrajin IKM asal Bumi Benuanta.

Baca Juga :  Bongkar Muat Sembako Diharapkan Bisa Lebih Diutamakan

“Diharapkan OPD bisa memesan dari para pengrajin IKM kita yang ada di Kaltara. Tidak lagi order dari luar misal untuk cinderamata. Contoh cinderamata atau plakat dinas perindagkop tidak lagi order dari luar tetapi bagaimana memperkenalkan potensi SDA dan SDM perajin ukir kayu (IKM )yang ada di Kaltara,” tuturnya.

Diungkapkannya sasaran bimtek wirausaha baru industri kecil dan menengah kerajinan ukir kayu di Bulungan yaitu mencapai 20 IKM.

“20 IKM atau calon wirausaha baru IKM bidang kerajinan Ukir Kayu di Kalimantan Utara,” ujarnya.

Baca Juga :  Mudahkan Cek Harga Sembako lewat Aplikasi SigapKu

Kata Hasriyani kegiatan bimtek wirausaha baru industri kecil menengah ukiran kayu diikuti para peserta dari Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung (KTT).

“Bimtek ini diikuti sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 10 peserta dari Kabupaten Bulungan dan 10 orang peserta Kabupaten Tana Tidung,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasriyani menyebutkan kegiatan akan berlangsung selama 5 hari ke depan dengan menghadirkan 2 narasumber dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Jogjakarta.

“Kegiatan hari ini akan berlangsung sampai Jumat mendatang dan sumber pembiayaan dari APBN satuan kerja dekonsentrasi Disperindagkop Kaltara tahun anggaran 2023 pada program penumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya berharap pada kesempatan pelatihan dan Bimtek Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah kerajinan ukir kayu di Bulungan bisa menambah wawasan.

Baca Juga :  Bongkar Muat Sembako Diharapkan Bisa Lebih Diutamakan

“Serta menerima materi dengan sungguh-sungguh sampai selesai termasuk menambah pengetahuan wawasan dan keterampilan bagi para perajin guna meningkatkan kualitas kerajinan ukir kayu, salah satunya paham teknik pembuatan ukiran kayu lebih inovatif dan bernilai ekonomis,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *