Disdikbud Kaltara Ingin SDM Kaltara Mumpuni Sejak di Bangun Sekolah

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), menargetkan bisa banyak cetak peserta didik untuk lanjut hingga ke penididikan tinggi.

Menurut Kepala Disdikbud Kaltara Teguh Henri Sutanto, saat ini indikator dari penilaian kesuksesan Sumber Daya Manusia (SDM) juga dilihat dari banyaknya pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melanjutkan pendidikan hingga ke bangku kuliah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1249 votes

“Salah satu indikator penilaiannya memang seperti itu, ditambah dengan melihat nilai para pelajar selama menjalani jenjang pendidikan SMA,” kata pria yang akrab disapa Teguh, Senin, 27 Februari 2023.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Tegaskan PPDB Tidak Boleh Pakai Kartu Keluarga Tempel

Teguh menjelaskan dari indikator penilaian itu dijelaskan, dengan semakin banyaknya pelajar yang masuk ke jenjang perguruan tinggi, maka akan semakin besar juga dampaknya kepada perkembangan SDM lokal di Kaltara.

“Artinya ketika nantinya pelajar kita mampu menyelesaikan kuliah dan lulus  menjadi sarjana. Mereka juga kita harapkan dapat mengabdi di daerah asal dan memberikan ilmunya kepada SDM muda yang lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Tegaskan PPDB Tidak Boleh Pakai Kartu Keluarga Tempel

Namun berbeda dengan indikator penilaian kepada pelajar SMK, Teguh menambahkan, untuk penilaian pelajar SMK dapat dilihat dari banyaknya lulusan SMK yang bisa langsung masuk ke dunia kerja ataupun dunia wirausaha.

“Semakin banyak pelajar SMK yang masuk dunia kerja dan kewirausahaan maka semakin baik juga indikator perkembangan SDM kita,” terangnya.

“Artinya SDM kita mampu menjadi SDM yang produktif dan hal ini terus kita genjot sedini mungkin melalui pelajar kita. Tujuan dari pada hal ini ialah, kita tidak ingin Kaltara mencetak sarjana nganggur dan SDM muda yang kurang produktif,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Tegaskan PPDB Tidak Boleh Pakai Kartu Keluarga Tempel

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *