Ketua PKK Kaltara Tanam 1.000 Bibit Buah-buahan di SMK 1 Tanjung Palas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang turut hadir mendampingi istri yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kaltara, Hj Rachmawati Zainal pada acara penanaman 1.000 pohon secara simbolis di SMK 1 Tanjung Palas.

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan secara hybrid melalui zoom meeting Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian RI ini digelar pukul 10.00 Wita, Rabu (1/2/2023).

Kegiatan ini diikuti 35 Provinsi seluruh Indonesia dan dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo hingga para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Kementerian dalam komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dari pantauan benuanta.co.id, Ketua Tim Penggerak PKK Kaltara Hj Rachmawati Zainal pun dapat kesempatan komunikasi dengan tim Kementerian Pertanian RI.

“Seperti tadi kita sampaikan langsung kepada Kementerian Pertanian RI dan disaksikan seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai provinsi. Kami memohon kepada Kementerian Pertanian RI agar bisa disalurkan bibit buah-buahan untuk Kalimantan Utara,” bebernya Rabu (1/2/2023).

Baca Juga :  Atasi Over Kapasitas di Lapas Nunukan, Gubernur Zainal Bersurat ke Dirjen Kemenkumham

Karena menurutnya di Bumi Benuanta masih banyak lahan kosong belum dihidupkan sebagai ladang pertanian.

“Contoh seperti di sini banyak lahan kosong yang cocok digunakan ladang pertanian,” bebernya.

Tak hanya itu, Rachmawati juga optimis pertanian di Kaltara akan surplus setelah mendapat bantuan bibit tanaman buah-buahan untuk Provinsi Kaltara dari Kementerian Pertanian RI.

“Nantinya setiap rumah minimal sudah punya 5 pohon buah. Artinya selain manfaat untuk diri kita. Pun bisa bermanfaat untuk ekonomi keluarga belum lagi mereka yang sudah punya lahan bercocok tanam,” jelasnya.

Dalam pengamatannya banyak lahan kosong tidak terpakai, padahal tanah di Kaltara sangat subur untuk bercocok tanam.

Baca Juga :  Ombudsman RI Sambangi Kaltara, Fokus Berikan Penilaian Layanan Publik

“Perlu kita ketahui bahwa Kalimantan Utara ini sangat luar biasa tanahnya subur. Artinya alangkah lebih baik mati kita galakkan menanam pohon buah,” tuturnya.

Terpisah, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menambahkan kegiatan menanam 1.000 pohon ini dilakukan serentak seluruh provinsi Indonesia.

“Hasil buah-buahannya ini untuk masyarakat dan kelompok tani. Jadi bisa meningkatkan pendapatan para petani yang ada di Kalimantan Utara,” bebernya.

Zainal juga menanggapi permintaan Ketua Tim Penggerak PKK Kaltara supaya mendapatkan bantuan bibit tanaman buah-buahan dengan bersurat ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Holtikultura RI.

“Kita nanti akan membuat surat Dirjen Holtikultura. Seperti tadi yang disampaikan Ketua PKK Kaltara bahwa kita disini masih banyak lahan-lahan belum bermanfaat dimanfaatkan. Sehingga ada bantuan bibit dari pemerintah pusat, Insyaallah bisa meningkatkan peningkatan pendapatan masyarakat dan insyaallah bisa menekan inflasi,” terangnya.

Baca Juga :  Dua Jamaah Haji Kaltara Wafat di Tanah Suci

Senada, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara Heri Rudiyono mengatakan saat ini tanaman buah-buahan yang telah berkembang pesat setiap kabupaten kota di Kaltara.

“Selain itu ada produk yang sudah lama berkembang ada durian ada elay, dan rambutan. Ya ke depannya kita akan bina sampai kepengelolaan hasil dan marketnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan penanaman 1.000 pohon secara simbolis hari ini DPKP Kaltara telah menyiapkan 125 bibit.

“Terdiri bibit pohon jeruk, rambutan, kelengkeng ada kelapa juga, kegiatan ini seluruh Kalimantan Utara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *