Keberangkatan Haji Kaltara 2023 Pakai Kuota Penuh Tanpa Pembatasan Usia

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kabar gembira bagi warga Kalimantan Utara (Kaltara), keberangkatan haji di tahun 2023 kini tidak ada pengurangan kuota lagi. Jika tahun 2022 yang berangkat hanya 50 persen dari kuota, tahun ini yang berangkat mencapai 100 persen kuota per tahunnya.

Bahkan di tahun 2023 ini, tidak ada lagi pembatasan usia, sehingga jemaah di atas usia 65 tahun dapat berangkat berhaji ke Baitullah, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kaltara, Saifi jika tahun 2023 kuota haji yang dapatkan kembali ke kuota sebelum pandemi Covid-19 yakni 416 orang.

Baca Juga :  Tahun Ini Pemprov Kaltara Mulai Pembangunan KBM

“Kuotanya sudah ditetapkan kembali normal, Insya Allah 416 orang jemaah terbagi atas 1 kota 4 kabupaten,” ujar Saifi kepada benuanta.co.id, Selasa 17 Januari 2023.

Dirinya berharap pelaksanaan haji tahun ini tidak ada gangguan lagi, seperti tahun sebelumnya dibatasi jumlah yang berangkat. Sehingga Kemenag lebih fokus dalam melaksanakan pembinaan manasik dan proses pelatihan petugas serta menunggu jadwal keberangkatan.

“Penambahan kita belum ada informasi, masih 416 orang ini. Karenakan setiap provinsi itu jatahnya dari 100 ribu jumlah penduduk muslim itu 1 jemaah, ini sesuai dengan keputusan OKI,” paparnya.

Baca Juga :  APDESI Kaltara Menilai Kades Jabatan 9 Tahun Rawan Konsolidasi Politik

Kata dia, dari kuota Kaltara 416 orang ini adalah calon jemaah haji (CJH) yang berada pada daftar tunggu atau waiting list setiap tahunnya.

“Yang berangkat tidak ada lagi pembatasan usia, jadi sesuai dengan nomor urut dari jumlah yang diinginkan,” tutur Saifi.

Saifi menyebutkan dari kuota 416 orang ini, jumlahnya berbeda dari setiap daerah. Misalnya Kabupaten Bulungan kuotanya hanya 84 orang, Tana Tidung ada 15 orang, Malinau ada 50 orang, Nunukan sebanyak 113 orang dan Kota Tarakan sebanyak 151 orang serta petugas haji daerah (PHD) Provinsi Kaltara ada 3 orang.

Baca Juga :  Pengendalian Inflasi Tingkat Provinsi Kaltara Peringkat 5 Terbaik Nasional

Apalagi saat ini, tengah dilaksanakan rekrutmen petugas haji, Provinsi Kaltara mendapatkan kuota 7 orang sebagai petugas haji, itu terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah dan petugas non kloter.

“Nanti ada 7 orang yang mendampingi jemaah haji kita tahun 2023,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *