Dua Kabupaten Mengusulkan jadi Tuan Rumah Porprov Selanjutnya

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) I Kaltara yang digelar Tarakan dan Tanjung Selor sejak tanggal 17 hingga 23 Desember telah selesai.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang menegaskan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap perhelatan ajang olahraga multievent pertama di Bumi Benuanta tersebut.

“Sudah ada dua daerah yang mengusulkan sebagai tuan rumah Porprov II Kaltara yaitu Nunukan dan Malinau, adapun keputusan tuan rumah ini akan diputuskan dalam rapat KONI pertengahan Maret dan April tahun depan,” tuturnya Senin (26/12/2022).

Lebih lanjut, Zainal mengungkapkan sebelum diputuskan, berbagai fasilitas venue dua kabupaten tersebut akan terlebih dilakukan peninjauan.

“Misalnya, Malinau lebih siap maka itulah yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah. Kalau Malinau tuan rumah kan bisa dibantu dengan Kabupaten Tana Tidung. Lalu kemungkinan Kabupaten Tana Tidung juga akan ditunjuk sebagai tuan rumah. Seperti, pelaksanaan Porprov I Kaltara. Ada dua daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Tarakan dan Bulungan,” ungkapnya.

Sebab menurutnya pada ajang Porprov I Kaltara tidak semua fasilitas cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan ada di Bulungan.

“Bahkan, tidak semua cabor digelar di Bumi Tenguyun sehingga untuk evaluasi terhadap pelaksanaan Porprov I Kaltara nanti akan dilakukan evaluasi oleh PB Porprov I Kaltara,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Besar (PB) Porprov I Kaltara, Syarwani menambahkan bahwa masih banyak kekurangan terhadap fasilitas venue.

“Hal ini menjadi bahan evaluasi kita secara keseluruhan. Saya sudah sampaikan hal ini kepada bapak gubernur,” ungkapnya.

Bahkan Syarwani berharap, pelaksanaan Porprov II Kaltara yang akan datang bisa berjalan lebih baik lagi.

“Secara khusus yakni untuk beberapa sarana dan prasarana lapangan olahraga yang ada di Bulungan. Ini akan menjadi perhatian Pemkab Bulungan agar ke depan bisa jauh lebih baik. Khususnya, untuk cabor unggulan di Kabupaten Bulungan,” bebernya.

Tak hanya itu, Syarwani berharap KONI Kaltara bisa melakukan pemetaan terhadap seluruh cabor unggulan yang ada di Kabupaten Bulungan.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara, H Muhammad Nasir mengatakan, penetapan tuan rumah bakal dibahas dalam rapat kerja (raker) KONI.

“Raker akan digelar awal tahun depan. Sekarang ini sudah ada dua daerah yang akan menjadi calon tuan rumah. Nunukan dan Malinau, tetapi keputusan akhir ada di bapak gubernur,” ungkapnya.

Dari dua daerah tersebut, kata Nasir, masih enggan untuk berkomentar lebih terkait kesiapannya, karena semua masih berproses.

“Kita dari KONI tunggu hasil peninjauan yang dilakukan tim,” ujarnya.

Menurutnya diperkirakan, pada pelaksanaan Porprov II Kaltara yang akan digelar pada 2024 mendatang akan ada tambahan cabor yang dipertandingkan.

“Sebab jumlah cabor yang terdaftar di KONI ada 66 cabor. Jadi, tidak menutup kemungkinan ada cabor tambahan pada pelaksanaan Porprov II Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *