Listrik Mati Berulang-ulang Hari Ahad PLN Bilang Ada Gangguan Kubikel

benuanta.co.id, TARAKAN – PLN UP3 Tarakan pada Ahad (11/12) menjadi sorotan warga karena listrik padam secara berulang-ulang. Tak ada jadwal pemadaman dari PLN.

Manager PLN UP3 Kaltara, Aditya Darmawan menerangkan kondisi padam listrik ini dikarenakan adanya gangguan kubikel atau panel listrik. Gangguan ini terjadi karena adanya short circuit (hubungan pendek) arus listrik yang mengalami gangguan.

“Kondisinya masih kami perbaiki sampai sekarang, hanya saja penggunaan ke masyarakat itu kita alihkan,” terangnya saat dihubungi, Senin (12/12/2022).

Baca Juga :  Satlantas: Sepeda Listrik Perlu Perda dan Jalur Khusus

Ia menjelaskan pada perbaikan ini kemungkinan sudah tidak ada lagi pemadaman. Perbaikan pada gangguan panel ini menggunakan pembangkit sewa Tama dengan kapasitas 3,3 Megawatt.

“Secara pasokan sendiri berkurang 3,3 Mega tidak berpengaruh ke masyarakat umum, kami paling hanya melakukan manuver beban dan rekondisi ke pelanggan saja,” jelasnya.

Disinggung soal penyebab dari gangguan kubikel ini ia menyampaikan harus ada investigasi terlebih dahulu. Biasanya investigasi gangguan panel ini memakan waktu kurang lebih satu pekan lamanya.

Baca Juga :  Kekerasan Seksual Anak di bawah Umur di Tarakan Meningkat Drastis

“Apakah karena petir, karena cuaca juga bisa dan 90 persen gangguan itu karena cuaca. Ya dalam perbaikan ini pun ke masyarakat tetap nyala juga kok listriknya,” bebernya.

Ia juga mengungkapkan dalam gangguan kubikel ini tidak ada perubahan tegangan listrik sama sekali. Ia mengatakan jika sebagian rumah warga memiliki gangguan tegangan untuk dapat melapor ke petugas PLN maupun aplikasi PLN Mobile.(*)

Baca Juga :  BMKG: Potensi Hujan Terjadi se Kaltara

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *