Kalapas Tarakan Baru Resmi Menjabat, Kadivpas Minta Perbaiki Bangunan Lapas

benuanta.co.id, TARAKAN – Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan kini resmi berganti dari yang semula Arimin kini dijabat oleh Muhammad Ridwantoro. Pergantian ini dilakukan secara simbolis dalam acara serah terima jabatan yang digelar pada Senin, 28 November 2022.

Diberitakan sebelumnya, pada masa jabatan Arimin terdapat satu warga binaan yang berkeliaran di luar Lapas tanpa pengawasan melekat. Karena itulah Arimin diperiksa oleh pihak dari Kanwil Kemenkumham sebelum akhirnya melepas jabatan Kepala Lapas Kelas II A Tarakan.

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Kaltim, Jumadi menjelaskan pergantian jabatan ini adalah hal yang biasa. Pergantian ini merupakan bentuk berjalannya suatu organisasi.

Baca Juga :  Lantai Dua Ludes, Beruntung Kebakaran Tak Merembet

“Harapan kami sinergitas yang selama ini terjalin antara Lapas dengan pihak terkait, sehingga pekerjaan ini bisa diketahui masyarakat luas,” jelasnya, (28/11/2022).

Untuk penekanan terhadap pejabat yang baru ia mengungkapkan dalam menangani Lapas tak semudah menangani hal lainnya. Ia menilai pejabat Kalapas yang baru merupakan orang yang berpengalaman dan pernah memimpin Lapas di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saya rasa Kalapas yang baru tahu, seperti pembinaan dan pelaksanaan tugas dengan baik. Merawat orang di Lapas itu kita tidak sembarangan, jadi saya sampaikan ke Kapalas yang baru untuk tetap menjalin komunikasi,” bebernya.

Ia berharap dengan adanya pemimpin baru Lapas Kelas IIA Tarakan dapat membaik. Seperti program-program perbaikan bangunan Lapas.

Baca Juga :  Ombudsman RI Kaltara Turut Soroti Kasus Pemalsuan Dokumen Tanah

“Bentuknya sangat kecil, temboknya pendek, kami harapkan nanti pak Kalapas bisa bersinergi dan bisa di rehab seizin pimpinan pusat. Tidak sebanding dengan isinya,” harapnya.

Sementara itu, Kalapas yang lama, Arimin mengapresiasi wilayah Kaltara selama ia bertugas di Kota Tarakan. Ia juga meminta maaf jika selama bertugas terdapat tutur kata maupun perilaku yang salah.

“Saya juga mewakili keluarga, saya izin pamit juga bertugas di Kanwil Kemenkumham Kaltim Samarinda sebagai bidang keamanan,” singkatnya.

Terpisah, Kalapas Kelas IIA Tarakan yang baru saja menerima secara resmi jabatan ini, Muhammad Ridwantoro mengatakan ia sangat mematuhi segala jenis arahan dari Kadivpas. Menyoal perbaikan dinding Lapas ia masih menunggu berkas yang diajukan ke Kanwil.

Baca Juga :  Terkendala Keterwakilan Perempuan, Rekrutmen Panwaslu di Dua Kecamatan Ini Sempat Diperpanjang

“Kita nanti dengar bersama keputusan Kakanwil, apakah direhab ya sama-sama kita lihat nanti. Secara pribadi saya anggap semua warga binaan baik, kedua 0 0 apa yang terjadi kemarin dilupakan, hari ini kita buat harus baik semua,” tuturnya.

Untuk diketahui sebelum resmi menjabat di Lapas Tarakan, Muhammad Irwanto pernah menjadi Kalapas Kelas IIB Empat Lawang Sumatra Selatan.

“Makanya saya insyaallah bertugas di sini didukung semuanya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *