BPBD Lakukan Evakuasi Kepada Korban Kebakaran

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Manggis, Gang Beringin I RT 007 Kelurahan Tanjung Selor Hilir, menghanguskan setidaknya 5 unit rumah.

Petugas pun telah berusaha keras agar api tidak merembet ke tempat lain. Hal itu terlihat dari upaya yang dilakukan hingga akhirnya kurang lebih 1 jam api dapat dikendalikan.

“Sementara kita lakukan pendinginan ini tentunya kerjasama bersama ada pemadam kebakaran, BPBD dan petugas lainnya melakukan pemadaman,” ungkap Plt Kepala Pelaksana BPBD Bulungan Darmawan kepada benuanta.co.id, Senin 27 Juni 2022.

Dia mengatakan pasca pemadaman api, pihaknya pun melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Tak hanya itu juga tengah dilakukan proses pengamanan dan evakuasi terhadap kebakaran rumah hunian ini.

“Tentu langkah-langkah nanti kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya, secepatnya. Kami juga akan turunkan tim yang menangani soal logistik, supaya yang terkena dampak kebakaran ini segera teratasi,” ucapnya.

“Kita pastikan dulu penanganan ini harus selesai, yang nantinya ada juga tim lain seperti Tagana dan Dinas Sosial. Semua bahu membahu untuk menyelesaikan kejadian ini,” sambungnya.

Kata dia, dari kejadian kebakaran ini tidak ada yang tersisa, rumah yang terbakar itu kini rata dengan tanah. Oleh karena itu, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat agar disiapkan tempat tinggal sementara kepada 5 rumah yang terbakar tersebut.

“Untuk tempat tinggal para korban kebakaran ini, kita masih koordinasi dan diskusikan dengan pihak kelurahan dan ketua RT setempat. Karena yang terdampak ini bukan orang yang asli tinggal di sini tapi mengontrak rumah, tapi akan kita telusuri kebenarannya,” tuturnya.

Jika memang dibutuhkan, BPBD Bulungan siap untuk melaksanakan evakuasi dan mencari tempat untuk para korban untuk ditempati sementara.

“Kalau memang dibutuhkan akan kita evakuasi dan mencarikan tempat untuk mengungsi tentu nanti kita komunikasikan dengan Dinsos terkait dengan dapur umum dan segala macamnya,” paparnya.

Diketahui kebakaran terjadi pada hari Senin 27 Juni 2022 sekira pukul 12.50 Wita. Rumah yang terbakar merupakan milik Samsul, Fandi, Erong, Zul dan Viktor. Penyebabnya berasal dari kasur yang dibakar oleh Samsul. Api tidak terkendali hingga menyebabkan rumah yang saling berdekatan itu terbakar. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *