Terjadi Laka Laut saat Patroli, 3 Personel Polairud Mabes Polri Belum Ditemukan

TARAKAN – Telah terjadi kecelakaan laut yang melibatkan personel Polairud Mabes Polri, ABK KP. Kepodang 5001 di sekitar perairan Juata dan Pulau Tibi, Sabtu 8 Agustus 2020.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol. Berliando SIK kepada benuanta.co.id melalui telepon seluler, Ahad 9 Agustus 2020.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1568 votes

“Telah terjadi laka laut di sekitar perairan Juata Tarakan dan Pulau Tibi Kabupaten Tanah Tidung. Sebanyak 6 personel terlibat dalam kecelakaan, namun 3 personel masih belum ditemukan,” ujarnya.

Berliando menjelaskan, pada Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 20.00 Wita, tim patroli KP Kepodang – 5001 yang dipimpin oleh Bripka Ujang beserta 5 personel lainnya, melaksanakan Patroli rutin di sekitar perairan Juata ke arah Pulau Tibi, dengan menggunakan speedboat berwarna abu-abu dan mesin tempel 40 PK.

Baca Juga :  Dishub Kaltara Laksanakan Kegiatan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Bermotor

Pada pukul 23.00 Wita diketahui cuaca memburuk di sekitar perairan Tarakan Utara, pada pukul 00.00 wita hingga 06.30 wita, piket KP Kepodang – 5001 lost kontak dengan Tim Patroli.

Pukul 06.35 Wita, Bripka Made Bilantara (Personel Ditpolairud Polda Kaltara) mengecek posisi tim patroli dan ternyata speed patroli belum sandar di KP Kepodang – 5001, sehingga Bripka Made berinisiatif menelepon Bripka Ujang Walia.

Baca Juga :  Gubernur Optimis Realisasi Penggunaan Anggaran Tahun 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya 

“Bripka Ujang Walia melaporkan mereka mengalami musibah tenggelam di perairan Pulau Tibi dan langsung membagikan lokasi via Whats app ke Bripka Made Bilantara,” jelasnya.

Setelah itu, Bripka Made melaporkan ke Ditpolairud Polda Kaltara, KBP Nyoman Budiarjo SIK. MSi bahwa telah terjadi Laka Laut yang melibatkan ABK KP. Kepodang.

Ditpolairud Polda Kaltara lalu memerintahkan personel untuk melaksanakan Search and Rescue terhadap team Patroli yang terkena Laka Laut, dengan melibatkan kurang lebih 12 personel, 1 RIB, 1 kapal type C2 dan 1 speedboat milik Ditpolairud Polda Kaltara.

Pada pukul 08.00 wita, tim SAR menemukan 3 orang team Patroli atas nama Bripka Ujang, Brigpol Amrullah(ABK), dan Bharada Rivaldi U’jae. 3 personil tersebut telah dievakuasi ke KP Kepodang dalam kondisi sehat.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

“Tim SAR saat ini masih melanjutkan pencarian di sekitar lokasi, karena 3 personel masih belum ditemukan. Hingga saat ini belum ada perkembangan situasi,” tutupnya.(*)

Berikut personel yang terlibat Laka Laut di perairan Pulau Tibi :

1. Bripka Ujang walia (Pema KP Kepodang).
2. Brigpol Amrullah(ABK)
3. Bharada Rivaldi U’jae
(3 personel ini sudah ditemukan selamat dan dievakuasi ke KP Kepodang, kondisi sehat)

4. Brigpol Ivan Bilasman (masih pencarian)
5. Bharatu Yoseph Arianto (masih pencarian)
6. Bharatu Donni Budi Santoso (Masih pencarian)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *